Jika kamu masih punya rencana untuk mengajukan pinjaman cepat cair dari berbagai lembaga keuangan konvensional maupun digital, saatnya memahami beberapa tips yang perlu dipertimbangkan agar neraca keuangan tetap baik dan terjaga.

Hal ini penting dilakukan agar keuangan bulanan tidak terganggu. Dengan begitu, pendapatan yang ada tetap bisa dimaksimalkan dan digunakan seefisien mungkin sesuai dengan alokasi dana yang sudah dianggarkan.

  1. Ketahui Kebutuhan Pinjaman

Sebelum mengajukan pinjaman cepat, pahami dulu apa sih sebenarnya yang akan digunakan dari uang pinjaman tersebut. Apakah untuk kebutuhan produktif atau kebutuhan konsumtif yang sifatnya hanya untuk memenuhi gaya hidup.

Untuk menentukan hal tersebut bergantung pada kebutuhan masing-masing. Misalnya, seorang content creator tidak bisa dikatakan membeli kamera mahal hanya untuk memenuhi gaya hidup. Karena, dengan adanya kamera yang berkualitas secara langsung akan memberikan konten yang semakin baik pula.

Jadi, kebutuhan pinjaman benar-benar dapat dimaksimalkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Sebelum mengajukan pinjaman untuk membeli sesuatu atau barang, tanya dulu pada diri sendiri akan berapa lama barang yang dibeli itu bertahan dan apa dampaknya bagi peningkatan kualitas diri, jasa atau usaha yang dijalankan.

  1. Kalkulasi Rasio Pinjaman yang Aman

Selain mempertimbangkan kebutuhan, hal yang tak kalah penting adalah kemampuan finansial. Kemampuan finansial sangat mudah untuk mengukurnya. Beberapa pakar keuangan memberikan saran bahwa rasio utang yang baik adalah tidak melebihi dari sepertiga penghasilan.

Dengan begitu, sisa dana yang ada tetap bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Rasio sepertiga penghasilan sudah maksimal. Artinya, jika bisa lebih kecil dari sepertiga penghasilan akan lebih baik. Misalnya alokasi pinjaman hanya sekitar 15 persen saja dari total pendapatan. Jauh lebih aman dan lebih mudah untuk mencicil karena tidak memberatkan beban bulanan.

  1. Cek Skor Kredit dengan Benar

Skor kredit adalah nilai yang diberikan lembaga keuangan terhadap calon nasabah. Skor ini bukan hanya berasal dari kemampuan finansial saja tetapi juga kepatuhan dan kerajinan dalam membayarkan cicilan di lembaga keuangan sebelumnya atau berdasarkan catatan-catatan keuangan sebelumnya.

Semakin baik skor kreditnya, semakin besar peluangnya mendapatkan pinjaman baru. Hal inilah yang membuat beberapa orang bisa mendapatkan persetujuan lebih dari satu pinjaman karena memiliki skor kredit yang baik.

Skor kredit tidak ditentukan hanya berdasarkan jumlah utang, melainkan ada banyak faktor penilaian yang ditetapkan salah satunya adalah kemampuan finansial dan loyalitas nasabah dalam melaksanakan kewajibannya.

  1. Hindari Utang Baru Jika Masih Ada Cicilan

Meskipun kita punya skor kredit yang baik tidak lantas dimanfaatkan untuk mengajukan utang baru. Utang baru tentu akan menambah beban baru, apalagi jika utang sebelumnya sudah mencapai rasio ideal sepertiga dari penghasilan.

Namun, ada cara lain agar tetap bisa mengajukan utang baru. Cara paling aman adalah menutup dulu tagihan sebelumnya sampai lunas, barulah kemudian mengajukan utang baru sesuai dengan kebutuhannya.

  1. Fokus Membayar Cicilan Sebelum Jatuh Tempo

Setelah semua pra-syarat tersebut terpenuhi, saatnya fokus membayar cicilan. Komitmen inilah yang harus dipegang oleh nasabah bahwa utang atau cicilan harus dibayarkan sesuai dengan perjanjian sebelum jatuh tempo. Dengan demikian, akan semakin mempermudah mendapatkan kredit rumah, kredit usaha, ataupun jenis pinjaman lainnya seperti pinjaman cepat cair dari fintech.

Jika ingin memanfaatkan layanan dari beberapa fintech yang ada di Indonesia. Pastikan dulu bahwa fintech yang dipilih memiliki produk yang sesuai dengan kebutuhan, menawarkan bunga rendah, dan proses yang transparan.

Tidak perlu repot mencari fintech yang punya bunga rendah dengan transaksi yang transparan. Salah satunya adalah Kredivo. Enaknya lagi, Kredivo tidak hanya bisa digunakan untuk belanja online tanpa bunga dengan pembayaran dalam waktu 3 hari, tetapi juga menawarkan pinjaman mini dan pinjaman jumbo yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Kredivo sudah terdaftar secara legal dan diawasi secara ketat oleh Otoritas Jasa Keuangan. Kredivo bisa diunduh melalui Google Play Store maupun App Store dengan sangat mudah.

Syarat Pendaftaran Kredit Online Lewat Kredivo

Mau pinjam dana lewat Kredivo? Daftar dulu dengan memenuhi persyaratan wajib berikut ini:

  1. Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi dan Cirebon.
  4. Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Penuhi dulu prasyarat tersebut, agar bisa mendapatkan kemudahan dalam proses persetujuan permohonan pinjaman dana lewat Kredivo.

Kredit limit yang diberikan Kredivo hingga Rp30 juta sesuai dengan kondisi keuangan calon debitur. Semakin besar kredit limit yang diberikan, semakin banyak layanan yang bisa dimanfaatkan seperti bayar berbagai tagihan dalam satu akun, belanja online tanpa bunga dengan pembayaran dalam 30 hari, hingga pinjaman jumbo dan pinjaman mini mulai dari Rp500.

Pilihan tenor sangat bervariasi mulai dari 30 hari, 3 bulan, dan 6 bulan. Sementara jika digunakan untuk belanja online, periode cicilannya bisa hingga 12 bulan. Informasi tenor dapat diketahui lewat aplikasi Kredivo. Malahan ada simulasi pembayaran saat akan ingin pinjam dana atau untuk belanja online.

Untuk bunga pinjaman maupun belanja online yaitu 2.95 % per bulan. Sementara untuk pinjaman akan dikenakan biaya admin di muka sebesar 6% dari total pinjaman. Misalnya jika meminjam Rp1 juta, akan dipotong di muka sebesar Rp60 ribu. Sehingga dana yang akan ditransfer sebesar Rp960 ribu.

Itulah dua hal yang perlu diperhatikan untuk mewujudkan resolusi keuangan yang lebih sehat di tahun 2020. Jika ada kebutuhan mendesak dengan memanfaatkan pinjaman online, pahami cara kerjanya, bunga, admin, serta tenornya. Fintech yang terdaftar di OJK harus memberikan informasi secara transparan kepada calon debiturnya.

Tertarik dengan kelebihan yang ditawarkan Kredivo? Unduh saja aplikasi resminya, lakukan pendaftaran, tunggu persetujuan, lalu ajukan pinjamannya dengan mudah.