Tips Menghadapi Ujian CPNS untuk Fresh Graduate

  • Whatsapp
Tips Menghadapi Ujian CPNS

Menjadi Pegawai Negeri adalah idaman bagi banyak anak muda, khususnya bagi para fresh graduate, baik SMA ataupun kuliah. Setiap tahunnya, pendaftaran CPNS selalu ramai peminat. Banyak sekali formasi CPNS yang dibuka oleh pemerintah yang kuotanya selalu terpenuhi. Melihat banyaknya peminat, hal ini menandakan bahwa untuk menjadi PNS tentunya akan banyak saingan, khususnya saat ujian CPNS. Oleh karena itu, perlu persiapan yang sangat matang untuk bisa lolos seleksi CPNS di formasi apa pun. Nah, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat menghadapi ujian CPNS.

  1. Jaga Ketenangan

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah menjaga ketenangan. Baik tenang saat sebelum ujian, saat ujian, maupun setelah ujian. Jika belum apa-apa kamu sudah panik, gelisah, atau ragu, maka pikiran kamu akan terpengaruh dan akhirnya tidak bisa mempersiapkan tes ujian dengan baik. Tips sederhana yang bisa kamu terapkan saat merasa tidak tenang adalah menghirup nafas dalam-dalam kemudian mengeluarkannya sedikit demi sedikit. Sugestikan juga ke diri kamu bahwa kamu pasti bisa mengerjakan ujiannya dengan baik.

  1. Niat yang Sungguh-Sungguh

Berikutnya niatlah yang sungguh-sungguh. Pasang niat yang baik, bahwa kamu ikut CPNS adalah untuk mewujudkan impianmu, membahagiakan orang tua, atau mengabdi pada nusa dan bangsa. Niat bisa juga menjadi salah satu motivasi kamu agar tetap semangat dalam mempersiapkan ujian CPNS. Jika kamu sudah memiliki niat yang kuat, tanamkan dalam hati bahwa kamu akan bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan ujian. Dan paling penting, kamu juga harus berniat untuk menerima apa pun hasil yang kamu dapatkan nanti.

  1. Belajar Soal-Soal Ujian CPNS Sebelumnya

Selanjutnya, pelajari soal-soal CPNS di tahun sebelumnya. Meskipun soalnya akan berbeda, tapi konsep dan modelnya kurang lebih akan sama. Tipe soalnya pun juga akan itu-itu saja. Dengan belajar soal setiap hari, kamu akan jadi lebih paham dan bisa menguasai materi yang akan diujikan. Dengan demikian, kamu bisa lebih lancar dalam mengerjakan soal ujian di hari H nanti.

  1. Latihan Soal Setiap Hari

Berkaitan dengan belajar soal, kamu juga harus latihan setiap hari. Latihan yang dimaksud di sini adalah mengerjakan soal-soal yang pernah ada dari buku, internet, dan lain-lain. Dengan semakin sering latihan dan menyelesaikan macam-macam soal yang berbeda, maka kamu akan semakin “jago” dalam mengerjakan soal CPNS. Dengan demikian, kesempatan kamu untuk lolos juga akan semakin tinggi.

  1. Update Informasi Seputar CPNS

Jangan lupa juga untuk mengikuti informasi terupdate seputar CPNS. Kamu bisa ikuti situs-situs resmi pemerintah yang menyelenggarakan ujian, atau juga bisa follow akun-akun twitter yang membahas seputar CPNS.

Selain itu, kamu juga bisa mencari info-info terkait CPNS di internet. Misalnya jika kamu penasaran dengan tingkatan yang ada di PNS, kamu bisa baca-baca informasi tentang pangkat golongan PNS yang diulas BocahKampus. Sebagai alternatif, kamu juga bisa bertanya ke teman atau kerabat yang punya kenalan PNS. Kamu bisa sharing-sharing dengan mereka terkait dengan informasi PNS.

  1. Jangan Lupa Berdoa

Yang tidak kalah penting, jangan lupa berdoa. Berdoalah agar kamu dilancarkan baik dalam persiapan maupun pelaksanaan ujiannya. Berdoalah juga agar kamu bisa lolos sesuai dengan formasi yang kamu inginkan hingga akhirnya bisa mengabdi untuk negara dan memberikan manfaat untuk masyarakat banyak.

  1. Persiapkan Ujian dengan Matang

Mendekati hari H, jangan lupa untuk menyiapkan apa saja yang perlu kamu bawa saat tes. Jangan sampai sudah masuk ujian kamu malah lupa bawa sesuatu, misalnya kartu pendaftaran, dan sebagainya. Jangan lupa juga untuk tidak begadang H-1 Ujian. Hal ini mungkin terlihat sepele, tapi ini sangat penting. Selain agar tidak ngantuk, hal ini juga bertujuan agar kamu tetap fresh saat ujian. Nah, itulah beberapa tips dalam mempersiapkan ujian CPNS. Semoga bermanfaat ya.

Related posts