5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh dengan Mudah

  • Whatsapp
Meningkatkan Imun Tubuh dengan Mudah

Sederhananya, sistem imun adalah sistem yang bekerja dengan melawan penyakit. Sistem ini juga akan melindungi tubuh dari serangan patogen yang bisa menyebabkan berbagai sumber penyakit.

Normalnya sistem imun akan bekerja sangat efektif untuk menghadapi musuh tersebut. Namun, jika sistem imun tubuh dalam kondisi yang lemah, tubuh Anda akan lebih terserang berbagai penyakit yang ringan sekalipun.

Sebab itulah, sistem imun tubuh harus senantiasa dijaga dan ditingkatkan untuk mencegah sumber penyakit tersebut. Terlebih lagi di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai ini, sistem imun tubuh akan sangat berperan dalam menghentikan laju penularannya.

Cara Sederhana Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Dilansir dari Eat This, ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan sistem imun tubuh jika Anda lakukan secara rutin. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Rutin Minum Air Putih

Minum air putih dengan rutin adalah kebiasaan yang harus Anda terapkan agar tubuh tidak dehidrasi. Cairan tubuh yang terus terjaga juga akan menjaga kesehatan tubuh Anda. Sebab air akan membantu dalam mengeluarkan semua racun dalam tubuh Anda.

  1. Tidur yang Cukup

Kurang tidur erat kaitannya dengan masalah kesehatan. Hal ini didukung oleh hasil dari sebuah penelitian yang menunjukkan, bahwa jika seseorang kekurangan tidur akan berakibat pada penurunan kekuatan sistem imun tubuh yang signifikan. Oleh sebab itu, Anda harus menjaga jam tidur Anda dengan benar agar sistem imun tubuh tetap terjaga.

  1. Berjemur

Berjemur bisa menjadi langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Sebab, sinar ultraviolet-B (UVB) bisa menghasilkan vitamin D yang sangat berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Salah satu uji coba yang diterbitkan oleh National Library of Medicine yang melibatkan 340 anak sekolah di Jepang selama empat bulan musim flu. Penelitian tersebut dilakukan dengan cara setengah peserta menerima 1200 IU suplemen vitamin D, sementara sisanya menerima pil plasebo.

Dalam penelitian tersebut dihasilkan tingkat flu pada anak yang diberi vitamin D 40 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan anak yang diberi pil plasebo. Sebab itulah, para peneliti menyarankan cara terbaik untuk meningkatkan kadar vitamin D dengan cara berjemur di bawah sinar matahari pagi.

  1. Olahraga

Rutin olahraga mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh. Aktivitas aerobik yang dilakukan secara rutin akan berdampak baik pada kesehatan jantung, otak, paru-paru dan juga sistem imun tubuh.

Pada sebuah penelitian yang dikeluarkan oleh British Medical Journal yang melibatkan 1000 pria dan wanita dalam kurun waktu 12 minggu di musim gugur dan musim dingin dengan cara memantau gejala dan tingkat keparahan ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan bagian Atas).

Subjek yang melakukan aktivitas aerobik dalam lima hari atau lebih tiap minggunya mengalami 43 persen lebih sedikit gejala ISPA jika dibandingkan dengan subjek yang tidak melakukan aktivitas aerobik.

  1. Mengonsumsi Suplemen

Langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan sistem imun tubuh adalah dengan mengonsumsi suplemen. Salah satunya adalah Rhea Health Tone yang mengandung Gardenia Jasminoides, Commiphor Myrrha, Boswellia Serrata, Daucus Carota, Foeniculum Vulgarae dan juga Olea Europaea yang baik untuk menjaga dan meningkatkan imun tubuh.

Itu dia kelima hal yang bisa Anda lakukan dengan mudah untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Satu hal yang harus ingat adalah melakukan semua aktivitas tersebut dengan rutin dan teratur. Selain itu selalu hindari aktivitas yang bisa menyebabkan stres.

Related posts