Bagi teman teman yang saat ini mau membeli sepeda lipat, berikut sedikit tips membeli sepeda lipat dan hal hal yang harus diperhatikan. Sehingga teman teman tidak salah dalam membeli sepeda lipat. Di sini saya akan membandingkan sepeda lipat yang harga murah dan dengan harga yang mahal. Dari spesifikasi bahan sepeda, sistem kemudi, rangka sepeda, dan komponen penunjang. Dan teman teman juga bisa melihat sepeda lipat fnhon di sini: sepeda lipat fnhon.

  • Bahan Sepeda

Sepeda murah : bahan yang terbuat dari besi dan ada juga yang terbuat dari alumunium.

Sepeda mahal : bahan yang terbuat besi, chromoly, alumunium dan ada yang menggunakan bahan eksotik seperti titanium atau carbon.

  • Sistem kemudi

Bagian yang penting dari sepeda adalah dari sistem kemudinya. Karena kemudi yang baik akan menghasilkan handling yang enak dan juga agar lebih aman pada saat di gunakan.

Sepeda murah: sering sekali sistem pengunci tiang stang sepeda murah adalah seringkali terasa kurang rigid atau kurang kaku dan sedikit terasa goyang.

Tiang stang biasanya bisa diatur dengan tingkat ketinggiannya, bagian penyambung menggunakan karet dan berguna untuk agar stang tidak turun. Namun kekurangannya, karena menggunakan bahan karet, maka tiang stang secara keseluruhan terasa kurang kaku atau masih terasa sedikit flexibel.

Sepeda lipat mahal: sistem kemudi lipat mahal menggunakan dahon, adalah mendesain stang, tiang stang dan juga garpu sedemikian menghasilkan tingkat kekakuan yang baik. contohnya dengan cara membuat bagian headset melebar untuk memperluas penampang agar lebih kuat menahan beban dan lebih kaku.

Dengan desain pengunci yang kuat dan bisa tetap mudah di buka tutup. Alat ini sudah dilakukan oleh dahon. Kesimpulannya Sepeda lipat berharga mahal menawarkan sistem kemudi yang lebih kuat dan kaku. Sehingga bukan hanya membuat pengendalian lebih baik dan lebih nyaman, namun juga lebih aman.

  • Rangka Sepeda

Rangka sepeda adalah bagian yang yang sangat penting. Teman teman bisa saja mengganti bagian spare part sepeda dengan yang lain yang lebih bagus. Namun jika teman teman mengganti frame sepeda, maka sama saja seperti mengganti sepeda secara keseluruhan.

Sepeda lipat murah: sepeda lipat murah pengunci yang digunakan adalah pengunci yang biasa saja. Dan tidak meniru pengunci yang kualitas baik karena biaya sudah dipatenkan. Hal ini digunakan untuk meminimalisir harga biar lebih terjangkau da pengembangannya tidak terlalu lama. Hasil dari sistem ini tidak inovatif dan kurang rapi.

Sepeda lipat mahal: biasanya untuk melakukan riset yang cukup lama untuk mengeluarkan sepeda. Karena ini untuk melakukan pengujian terhadap prototype sepeda untuk mengetahui kekuatan dari sepeda. Dan melakukan desai dengan baik dan produksi di bawah pengawasan ketat sehingga mendapatkan hasil sambungan yang bagus.

Kesimpulan dari rangka sepeda menawarkan sistem pengunci lipatan yang sangat baik, lebih kuat dan mudah untukĀ  di buka tutup dan lebih terasa perbedaannya pada saat digunakan.

  • Komponen Penunjang

Seri yang sering digunakan untuk sistem transmisi Sepeda Gunung:

  1. SIS Index (Tidak ada nama seri)
  2. Tourney : Paling banyak digunakan pada sepeda lipat dengan harga terjangkau
  3. ALTUS
  4. ACERA
  5. ALIVO
  6. DEORE
  7. DEORE LX
  8. DEORE XT
  9. DEORE XTR

Seri transmisi Sepeda Balap:

  1. SIS Index (tanpa nama seri)
  2. SORA
  3. Tiagra
  4. 105
  5. ULTEGRA
  6. DURA ACE.