Simak Kelebihan dan Kekurangan Mobile Banking, Penting untuk Diketahui!

  • Whatsapp
Simak Kelebihan dan Kekurangan Mobile Banking, Penting untuk Diketahui

Seperti diketahui mobile banking memiliki banyak keunggulan bagi yang menggunakan layanan perbankan mobile satu ini. Karena memang tujuan dari dibuatnya layanan digital banking ini adalah untuk mempermudah nasabah dalam melakukan berbagai transaksi. Namun dibalik banyak kelebihan yang dimiliki, tentu saja online banking ini juga tidak luput dari beberapa kekurangan. Meski begitu, tetap ada cara-cara untuk mengatasi kekurangan yang ada.

Hampir rata-rata bank, kini sudah mempunyai layanan online banking untuk kebutuhan umum para nasabahnya. Secara garis besar, ada banyak fitur yang bisa diperoleh nasabah setelah melakukan pendaftaran mobile banking. Jika Anda baru berniat untuk menggunakan layanan online banking ini, berikut penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan m-banking.

Kelebihan Mobile Banking dalam Kehidupan Sehari-hari

Memiliki keraguan untuk menggunakan mobile banking saat ini mungkin masih saja terjadi pada beberapa orang. Namun berikut ini dijelaskan beberapa kelebihan dari penggunaan online banking.

  • Anti ribet

Saat ini semua orang, baik tua dan muda tentu menyukai semua hal yang simple untuk dilakukan. Nah digital banking merupakan salah satu layanan perbankan dengan kemudahan dan kecepatan dalam penggunaannya.

Jika anda melihat perbedaan, mengapa internet banking tidak lebih banyak dipilih daripada digital banking tentu saja karena kemudahan dalam akses. Mobile banking bisa diakses lebih mudah karena cara log in aplikasi yang kini beragam bahkan bisa tanpa memasukan password. Meski begitu keamanannya tetap terjamin karena bisa menggunakan finger print bahkan face id.

  • Mudah dalam pendaftarannya

Pada bank tertentu buka rekening online juga bisa dilakukan lewat m banking. Ini tentu suatu keunggulan yang diinginkan banyak orang. Pertama, nasabah yang tidak punya waktu untuk pergi ke kantor cabang bank terdekat. Hanya lewat smartphone saja, pendaftaran rekening baru jadi semakin mudah dilakukan.

  • Biaya lebih hemat

Berbeda dengan melakukan transaksi langsung di kantor cabang ataupun ATM terdekat, online banking memberikan Anda biaya yang lebih hemat untuk pembayaran apapun. Jadi tidak heran mengapa lebih banyak orang kini menggunakan online banking karena tentu saja biaya yang dikeluarkan untuk transaksi lebih murah.

  • Fitur yang sederhana

Nasabah bank tentu hadir dari berbagai kalangan. Baik muda ataupun tua tentu akan merasa sulit jika tampilan dari sebuah aplikasi yang digunakan rumit untuk dipahami. Hal ini tidak terjadi pada mobile banking, karena biasanya semua fitur yang ada sangat sederhana jadi mudah dimengerti. Instruksi yang diberikan ketika akan melakukan transaksi juga sederhana dan rinci, jadi sekali lagi sangat efisien dari segi biaya.

Kekurangan Mobile Banking yang Perlu Diketahui

Pada sebuah layanan online, selain berbagai kemudahan yang diberikan tentu saja terdapat kekurangan pula. Untuk mobile banking sendiri terdapat beberapa kekurangan yang harus anda ketahui.

  • Rawan terkena smishing

Meskipun banyak yang menganggap bahwa digital banking punya sistem keamanan yang sudah bagus tetapi cukup rawan terjadi kasus penipuan. Kasus tersebut biasanya berbentuk seperti konfirmasi transaksi keuangan pada online banking.

Kasus smishing ini menggunakan modus SMS konfirmasi palsu atas nama bank. Konfirmasi tersebut menanyakan banyak hal detail tentang rekening, selanjutnya yang terjadi biasanya adalah akun rekening nasabah langsung dibobol dengan cara ini.

  • Membutuhkan smartphone yang kompatibel

Yang juga perlu disadari adalah bahwa untuk mengakses mobile banking maka membutuhkan sebuah smartphone yang kompatibel. Minimal punya Rom dan RAM yang cukup besar agar aplikasi digital banking bisa di instal.

Transaksi Mobile Banking Lebih Mudah Lewat PermataMobile X

PermataBank merupakan salah satu bank yang juga memberikan layanan mobile banking untuk para nasabahnya memiliki beberapa keunggulan seperti:.

  • Sangat Praktis

Anda bisa melakukan beragam aktivitas perbankan mulai dari transfer, top up saldo e-wallet, bayar tagihan dan lain sebagainya hanya dari satu aplikasi saja.

  • Kemudahan Cek Mutasi

Dalam hitungan detik saja Anda bisa cek mutasi selama 12 bulan dan melihat keluar masuknya uang secara realtime dan akurat.

  • Ratusan Fitur Bermanfaat

Layanan digital banking tersebut diberi nama PermataMobile X, yang tentu saja selain sangat praktis, mudah untuk dan membantu banyak nasabah dengan lebih dari 200 fitur keunggulannya seperti tabungan giro. Akan lebih mudah dalam melihat history transaksi, sama dengan history mutasi mudah juga dilihat dan diakses. Investasi, melakukan investasi secara online lewat digital banking terutama untuk Reksa Dana. Mulai dari transaksi penjualan, pembelian hingga switching transaksi.

Anda juga bisa dengan mudah melakukan penambahan kartu kredit hanya lewat smartphone serta pengajuan dana cicilan dan juga dana tunai. Ada juga Fingerprint dan face ID untuk keamanan.

QR Pay dari PermataMobile X juga akan mempermudah Anda melakukan pembayaran dengan sistem barcode sehingga lebih cepat dan mudah. PermataStore, pembelian berbagai produk PermataBank lewat PermataMobile X.

Nah sekarang anda tentu sudah tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan mobile banking. Untuk semakin mendapatkan kemudahan dalam transaksi tabungan online lewat digital banking, tentu anda harus menggunakan PermataMobile X dari PermataBank. Selain mudah dalam pendaftarannya, terdapat ratusan fitur yang langsung bisa diakses hanya lewat smartphone.

Related posts