Selain jerawat, masih banyak lagi beragam permasalahan kulit wajah yang kerap kita jumpai seperti flek hitam, kusam, kering, berminyak, dan kerutan. Menurut para pakar kulit ternama dunia, orang-orang yang paling rentan terkena masalah kulit diwajah itu adalah mereka yang sering beraktivitas diluar ruangan. Pasalnya, mereka sering terkena paparan sinar UV alias sinar matahari. Nah, untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, tentunya kita harus menggunakan produk sunblock.

Tips Membeli Sunblock

Tentunya memiliki wajah yang bersih dan segar merupakan dambaan setiap orang, baik itu wanita maupun pria. Karena dengan memiliki wajah yang bersih dan segar akan membuat penampilan anda menjadi semakin menawan, dan tentunya akan membuat rasa percaya diri anda meningkat. Salah satu cara untuk mendapatkan wajah yang bersih dan segar adalah dengan menggunakan sunblock. Berikut 7 tips membeli sunblock :

* Ketahui Tingkat Proteksi Sunblock

Tips membeli sunblock/tabir surya yang pertama adalah ketahui tingkat proteksi sunblock. Perlu diketahui bahwa masing-masing sunblock memiliki tingkat proteksi yang berbeda-beda. Dimana, sunblock dengan SPF 15 dapat menyaring sekitar 93% sinar ultra violet, SPF 30 melindungi 97%, SPF 50 melindungi 98%, dan SPF 100 bisa melindungi hingga 99%. Jadi, semakin tinggi tingkat SPF-nya, maka akan semakin tinggi pula tingkat perlindungan kulit dari paparan sinar ultra violet. Walaupun demikian, tidak ada sunblock yang bisa melindungi kulit dari semua sinar ultra violet.

* Perlindungan Sinar UVA dan UVB

Penggunaan sunblock secara rutin bisa membantu mencegah kanker kulit dan penuaan kulit. Perlu diketahui bahwa sinar UVA tidak begitu berbahaya, dan tidak akan menyebabkan lukar bakar pada kulit. Oleh karena itu, anda pastikan bahwa tabir surya anda pilih tersebut bisa menjaga kulit dari sinar UVA dan UVB. Untuk mengetahui hal tersebut anda bisa melihat kemasannya yang tertera “broad spectrum,” “multi-spectrum” atau “UVA/UVB protection”

* Perhatikan Tekstur Sunblock

Tips membeli sunblock selanjutnya adalah perhatikan teksturnya. Sebelum membelinya anda bisa mencoba sedikit sunblock yang diinginkan. Anda oleskan sedikit pada tangan, lalu perhatikan apakah tekstur dari tabir surya tersebut meresap atau menyatu dengan kulit. Hal ini dilakukan agar anda tidak memilih sunblock yang meninggalkan noda putih. Selain itu, tekstur sunblock yang lengket dan berminyak juga tidak terlalu bagus.

* Sesuaikan Dengan Jenis Kulit

Dalam hal ini, jika anda memiliki kulit yang berminyak dan berjerawat, maka gunakanlah tabir surya yang lebih ringan. Bagi kulit berminyak dan berjerawat bisa menggunakan sunblock berbentuk gel. Karena sunblock yang berbentuk gel ini lebih ringan dan dapat bekerja dengan baik. Selain itu, sunblock yang memiliki kandungan zinc oksida bisa membantu pada kulit yang berjerawat. Oleh karena itu, sebelum membeli tabir surya, ketahui terlebih dahulu kondisi kulit anda.

* Tahan Air

Sekarang ini sudah banyak produk sunblock yag dijual di pasaran. Ada sunblock yang tahan air yang pastinya bisa memberikan perlindungan kulit yang lebih maksimal. Adapun kelebihan dari sunblock tahan air ini adalah anda tidak usah khawatir dengan sinar ultra violet ketika anda sedang berenang atau berjemur. Dengan demikian, anda tidak perlu mengoleskan tabir surya pada kulit secara berulang kali.

* Periksa Kandungan Bahan Aktif Lainnya

Sama dengan skincare lainnya, maka sebaiknya anda memilih sunblock yang rendah kandungan bahan adiktifnya. Karena penggunaan sunblock ini bisa menambah beban pada kulit anda. Selain itu, kandungan adiktif juga bisa memicu iritasi pada kulit sensitif.

* Tanggal Kadaluwarsa

Tips membeli tabir surya yang terakhir adalah perhatikan tanggal kadaluwarsanya. Karena sunblock yang sudah habis masa kadaluwarsanya tentunya akan mengurangi manfaat dari sunblock tersebut. Justru sunblock tersebut bisa membahayakan kulit anda.

Sunblock

Berikut dibawah ini ada referensi produk sunblock terbaru dan terbaik yang wajib kamu beli.

  1. Parasol Cooling Mist Sun Spray SPF 25+ PA++

Parasol Cooling Mist Sun Spray ini memang dilengkapi dengan formula extra moisturizing, yang sangat efektif untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada kulit. Dengan begitu, kulit wajahmu pun akan terhindar dari masalah kerutan dan flek hitam. Produk sunblock yang satu ini dikemas dengan botol spray, sehingga membuatnya begitu praktis digunakan untuk mengaplikasikan ulang. Bukan hanya itu, Parasol Cooling Mist Sun Spray ini juga diperkaya dengan kandungan ekstrak lidah buaya yang dapat memelihara kelembapan kulit wajah. Mengenai harga, Parasol Cooling Mist Sun Spray dibanderol sekitar Rp 55 ribuan.

  1. Nivea Sun Protect Moisture Spray SPF 30

Tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan brand merk lotion yang satu ini bukan? Ya, Nivea menghadirkan produk sunblock terbarunya bernama Nivea Sun Protect Moisture Spray, yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV. Dengan menggunakan produk ini sebelum beraktivitas diluar ruangan, maka kulitmu tidak akan teriritasi, terbakar, dan memerah. Nivea Sun Protect Moisture Spray ini juga dilengkapi dengan formula yang tahan air, sehingga sangat cocok bagi kamu yang hobi berenang. Untuk harganya, Nivea Sun Protect Moisture Spray dibanderol sekitar Rp 99 ribuan.

  1. Zoya Cosmetics Sunscreen SPF 35 +++

Zoya Cosmetics Sunscreen ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang memiliki tipe kulit berminyak. Pasalnya, ia memiliki kandungan yang mampu mengontrol sebum dalam kulit sehingga minyak yang dihasilkan kulit tidak akan berlebihan. Bukan hanya itu,  Zoya Cosmetics Sunscreen bebas alcohol dan parable yang dapat memberi mate finish. Bahkan, ia memiliki tekstur yang ringan dan tidak lengket sehingga sangat nyaman saat digunakan. Lantas, berapakah harganya? Menurut informasi yang di dapat, Zoya Cosmetics Sunscreen ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 36 ribuan.

  1. Rhoto Skin Aqua UV Moisture Milk

Rhoto Skin Aqua UV Moisture Milk mempunyai kadar SPF dan PA yang cukup besar, sehingga sangat ideal digunakan sebelum kamu beraktifitas diluar ruangan. Tak hanya itu, ia juga sangat direkomendasikan bagi mereka yang memiliki tipe kulit kering. Soalnya, Rhoto Skin Aqua UV Moisture Milk dibekali dengan beragam kandungan positif seperti hyaluronic acid, vitamin E, vitamin B5, dan kolagen yang berperan sebagai pelembap serta memenuhi kebutuhan nutrisi kulit. Mengenai harga, Rhoto Skin Aqua UV Moisture Milk ini dibanderol sekitar Rp 35 ribuan.

  1. Kao Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ / PA++++

Produk sunblock terbaik berikutnya yang jangan sampai kamu lewatkan, yakni Kao Biore UV Aqua Rich Watery Essence. Ia memiliki tekstur yang ringan seperti air, yang tentu saja sangat nyaman saat digunakan serta mudah meresap kedalam kulit. Terdapat juga kandungan ekstrak citrus yang dapat memberikan perlindungan ekstra pada kulit dari paparan sinar matahari. Soal harganya, Kao Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini dibanderol sekitar Rp 95 ribuan.