Obligasi Pemerintah Cocok Buat Kamu Para Newbie

  • Whatsapp
Obligasi Pemerintah

Investasi itu adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan, terutama bagi kamu yang masih berusia muda. Kenapa? Karena investasi adalah salah satu cara untuk menjaga agar kondisi finansial kamu tetap aman, baik di masa sekarang maupun masa depan. Cara menjaga kondisi finansial bisa dilakukan misalnya saja dengan menabung dan berinvestasi. Yakin deh, kamu pasti sudah punya rekening tabungan kan? Semoga saja kamu rutin yah menabung setiap bulan hehehe.

Nah, tinggal investasi nih yang harus kamu lakukan. Kamu bisa memilih dari sekian banyaknya investasi yang ada, misalnya saja investasi emas, properti, saham, atau obligasi pemerintah.

Siapa yang cocok berinvestasi obligasi?

Semua orang, mulai dari pemula sampai investor berpengalaman cocok berinvestasi obligasi pemerintah. Jadi, kamu yang masih newbie pun cocok banget kalau berminat untuk beli obligasi negara. Nggak usah kuatir kok kalau kamu belum terlalu mengerti tentang obligasi pemerintah ini. Tinggal simak saja artikel ini sampai tuntas, oke?

Jadi, obligasi negara adalah surat utang Pemerintah Indonesia yang dijual kepada Warga Negara Indonesia melalui agen penjual yang telah ditunjuk, dalam hal ini digibank by DBS. Salah satu tujuan obligasi diterbitkan oleh negara adalah agar rakyat Indonesia seperti kamu dapat berpartisipasi dalam pembangunan negara.

Keuntungan investasi obligasi pemerintah di digibank by DBS

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan investasi obligasi pemerintah lewat digibank by DBS, yaitu:

1. Resiko yang rendah

Pasti kamu mau dong, berinvestasi tapi nggak mau rugi? Nah, Ini adalah investasi terbaik karena resikonya cenderung rendah, tapi memiliki prospek keuntungan maksimal.

2. Bunga lebih tinggi dari deposito

Obligasi pemerintah memiliki bunga investasi yang menarik, dengan tingkat keuntungan di atas deposito. Asyiknya lagi, kamu bisa menikmati keuntungan tersebut yang cair setiap bulannya.

3. Kamu bisa mulai berinvestasi dari nominal Rp 1 juta saja

Terjangkau banget ya? Buang jauh-jauh deh anggapan bahwa untuk berinvestasi kamu membutuhkan dana yang sangat besar. Terbukti kan hanya dengan uang Rp 1 juta saja, kamu sudah bisa beli obligasi negara.

4. Bisa dilakukan secara online

Susah ke mana-mana karena ada PSBB? Nggak usah kuatir, kan kamu bisa mengurus semuanya via online melalui Aplikasi digibank by DBS. Jadi, nggak perlu lagi deh repot-repot pergi ke bank.

Cara memulai investasi obligasi pemerintah

Berikut ini adalah cara beli obligasi negara melalui Aplikasi digibank by DBS:

  1. Pertama, download dulu Aplikasi digibank by DBS dari App Store atau Play Store
  2. Masukkan data diri kamu untuk membuat rekening tabungan digibank by DBS
  3. Klik “Obligasi” dan cek ketersediaan produk. Jika produk tersedia, kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan untuk mengetahui profil risiko dan membuat nomor SID. Nah, setelah nomor SID sudah dibuat, nanti kamu akan mendapatkan notifikasi email.
  4. Setelah ini, login kembali dan klik “Registrasi e-SBN” untuk menyelesaikan proses pendaftaran
  5. Pilih produk yang tersedia, masukkan jumlah yang kamu inginkan, lalu lakukan pembayaran. Portofolio investasi obligasi yang kamu beli akan terlihat setelah tanggal setelmen dari produk.

Nah, setelah melakukan pembayaran, kamu akan mendapatkan Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) pada laman konfirmasi pembayaran. Selain itu, kamu juga bisa mengecek status pesanan di bagian “Dalam Proses”. Jika pembayaran berhasil, pesanan kamu akan ditandai dengan “Sudah dibayar”, sedangkan yang belum akan ditandai dengan “Menunggu dibayar”.

Simple banget kan? Hanya dengan beberapa langkah saja kamu sudah bisa beli obligasi negara. Semoga informasi tadi bisa membantu kamu yang pemula di bidang obligasi, agar tak ragu lagi untuk berinvestasi ya!

Related posts

Leave a Reply