Manfaat Pendidikan Karakter untuk Anak

  • Whatsapp
Pendidikan Karakter Anak

Masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini tidak bisa dipungkiri telah menambah kualitas dan kuantitas waktu untuk bersama keluarga. Pembelajaran di rumah bersama keluarga bukan hanya pejaran dalam bidang akademis saja, melainkan juga pendidikan karakter yang sangat berguna untuk kehidupan di masa depan.

Usia dini adalah masa yang paling kristis dalam pembentukan karakter seseorang. Moral yang ditanam melalui pengajaran pendidikan karakter sejak masih kecil merupakan kunci paling penting untuk membangun generasi bangsa. Mengapa demikian? Sebab dengan manfaat pendidikan karakter ini, anak bisa tumbuh menjadi sosok yang berkarakter.

Lingkungan yang berkarakter dan sehat adalah hal yang sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter seseorang. Disamping itu, sekolah, peran keluarga dan seluruh komponen di masyarakat juga turut berpengaruh pada pembentukan karakter seseorang. Masa pandemi yang mengharuskan kita untuk dirumah saja, kita bisa mengajarkan anak untuk membantu orang tua melakukan kegiatan rumah seperti menyapu atau mencuci piring.

Tujuan Dibentuknya Pendidikan Karakter

  • Bisa mengetahui berbagai karakter baik yang harus dimiliki seseorang
  • Menunjukkan serta menerapkan perilaku yang berkarakter di dalam kehidupan sehari-hari
  • Dapat menjelaskan dan mengartikan karakter
  • Bisa memahami manfaat menjalankan perilaku berkarakter

Manfaat Pendidikan Karakter untuk Anak

  • Membentuk karakter anak

Sudah jelas bahwa pendidikan karakter memiliki tujuan untuk membentuk karakter anak. Sebab dengan pendidikan karakter tersebut maka individu akan lebih  mandiri, maju, penuh tanggung jawab dan tangguh dalan menggenggam suatu prinsip.

  • Mengetahui bahaya dan peluang lingkungan

Manfaat pendidikan karakter yang lain yaitu menjadi benteng untuk memerangi berbagai perilaku yang dinilai berbahaya. Pendidikan karakter juga membantu mempersiapkan pribadi anak dalam menghadapi bahaya dan peluang yang ada di lingkungan masyarakat sekarang ini.

Pendidikan ini mampu memberikan pengetahuan yang anak perlukan untuk bisa mengetahui apa saja bahaya yang ada di lingkungan masyarakat serta bagaimana cara untuk mengatasi bahaya tersebut dengan benar.

  • Melatih moral dan mental

Mencegah resiko terjadinya kondisi mental anak yang lemah dan moral yang tidak baik menjadi salah satu manfaat pendidikan karakter. Dengan meningkatkan kondisi moral maupun mental seseorang, maka akan tercipta suasana kondusif sekaligus mencegah adanya perpecahan.

Pendidikan karakter bisa membuat seseorang menjadi tangguh dalam menghadapi segala permasalahan serta bijak dalam menerapkan suatu keadilan.

  • Mampu mengambil keputusan yang baik serta bertanggung jawab

Seiring dengan terbentuknya moral yang maksimal, pendidikan ini juga berperan penting untuk mempengaruhi kemampuan berpikir anak. Maka dari itu, seseorang umumnya akan menjadi lebih bijak ketika mengambil keputusan serta memiliki rasa tanggung jawab.

  • Disiplin

Lembaga pendidikan atau sekolah juga dituntut untuk mengajarkan pendidikan karakter pada anak. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko kekerasan, menerapkan sikap disiplin anak, pengurangan penyalahgunaan zat terlarang serta lebih sedikit vandalism.

  • Menciptakan generasi berintegritas

Dengan pembentukan karakter yang kuar menjadikan anak lebih kokoh dan teguh dalam menjalani hidup. Ini akan sangat bermanfaat dalam menjalani kegiatan berbangsa maupun bernegara.

Integritas ini dibentuk melalui pendidikan karakter. Dengan memiliki integritas yang tinggi maka akan membuat individu bisa menjunjung tinggi nilai bangsa dan negara.

Demikian beberapa tujuan serta manfaat pendidikan karakter bagi anak. Pendidikan karakter ini bukan hanya penting bagi individu saja namun juga bagi masyarakat. Bisa dibayangkan apabila setiap sekolah dan keluarga selalu menerapkan pendidikan karakter yang baik pada anak, pastinya akan lahir banyak generasi penerus bangsa yang mengerti bagaimana cara memajukan bangsa.

Sumber: islamiques.net

Related posts