Inilah Jenis-jenis Ekstensi Domain Murah untuk Website

  • Whatsapp
Domain Murah

Bingung memilih jenis domain murah dan ekstensi yang tepat untuk website Anda? Domain merupakan sebuah penamaan unik yang ditujukan untuk suatu server guna identifikasi nama server tersebut. Keberadaan domain bisa mewakili penyebutan dari suatu server tertentu agar lebih mudah diakses oleh pengunjung.

Misalnya saja penggunaan domain dengan ekstensi .com yang begitu populer dan lebih banyak dikenal oleh para pengunjung maupun pengguna website. Pemakaian domain ini seringkali dijadikan satu dengan server website, misalnya saja instagram.com, google.com, facebook. com dan masih banyak lainnya.

Meski sebenarnya, masih ada banyak jenis domain lain dengan ekstensi yang berbeda. Apalagi, saat ini banyak pengguna website mulai memakai berbagai ekstensi tersebut. Nah, mau tahu apa saja jenis domain dan ekstensinya? Di bawah ini penjelasan lengkapnya!

Jenis-jenis Domain Murah beserta Ekstensinya

Sebelum memilih domain yang tepat, sebaiknya ketahui dulu apa saja jenis-jenis domain murah 2020 beserta ekstensi berikut ini.

Top Level Domain (TLD)

Jenis domain yang pertama adalah TLD dan menjadi tipe domain paling tinggi di dalam struktur DNS internet. Beberapa contoh dari Top Level Domain seperti .id, .com, .web, net dan masih banyak lainnya. Top Level Domain atau TLD sendiri memiliki beberapa jenis domain sebagai berikut.

  1. Country Code Top Level Domains (CCTLD) yang merupakan sebuah domain yang didasarkan atas penamaan geografis dari suatu negara. Yang termasuk CCTLD sendiri meliputi ekstensi .id untuk negara Indonesia, ekstensi .au untuk Australia, serta .us untuk United States. Bagi Anda yang tinggal di Indonesia atau membuat website berbahasa Indonesia, memilih CCTLD dengan ekstensi .id sangatlah cocok.
  2. Generic Top Level Domain (GTLD) menjadi domain umum yang bisa dipakai oleh siapapun dan kerap menawarkan ekstensi yang populer. Generic Top Level Domain juga tidak membebani pengguna website dengan syarat-syarat tertentu. Beberapa contoh ekstensi yang bisa Anda gunakan seperti .com, .org dan lain-lain.
  3. Premium Top Level Domain (PTLD) merupakan sebuah domain yang dalam penggunaannya dapat dipakai dengan nama bebas alias bisa di-custom. PTLD biasa dipakai untuk menjelaskan spesifikasi website, misalnya dengan domain .travel, .beauty, .news dan lain sebagainya. Sehingga dengan mengetahui domain-nya saja, kita sudah tahu spesifikasi atau tujuan website tersebut.

Second Level Domain

Jenis domain murah Indonesia selanjutnya adalah Second level domain merupakan nama domain yang Anda daftarkan, semisal ketika Anda mendaftar rumahhosting.com. Maka, second level domain yang dimaksud adalah nama selain ekstensinya atau “rumahhosting”.

Third Level Domain

Third Level Domain dalam dunia website juga lebih dikenal dengan nama sub domain yang kerap dipakai untuk keperluan tertentu. Third Level Domain ini umumnya masih digunakan untuk informasi yang berkaitan domain utama atau masih di jalurnya. Bisa dibilang, jika pemakaiannya lebih sering ditujukan untuk kepentingan bisnis atau proyek suatu perusahaan.

Letak dari sub domain ini berada di bagian awal domain utama dan dipisahkan dengan adanya tanda dot (.). Penamaan sub domain ini sangatlah fleksibel dan bisa Anda sesuaikan untuk kebutuhan website. Contohnya saja domain rumahhosting.com dengan sub domain paket.rumahhosting.com.

Jadi bagi Anda yang sedang berencana untuj membuat sebuah website, sebaiknya ketahui jenis domain tersebut. Berbagai jenis domain di atas, tentu saja bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan penggunaan. Rumah Hosting menawarkan banyak pilihan domain murah untuk kebutuhan website online Anda. Anda bisa beli domain terpercaya di RumahHosting.com!

Related posts

Leave a Reply