Daftar Fitur Terbaru Android 11 yang Semakin Keren

  • Whatsapp
Android 11

Android 11 akhirnya rilis setelah sekian lama ditunggu oleh para penggemarnya. Peluncuran Android versi terbaru ini mulai diaplikasikan ke smartphone Google Pixel dan beberapa merek lain seperti OnePlus, Xiaomi, dan Oppo. Secara umum, tidak banyak perubahan dari sisi desain pada OS Android yang satu ini. Anda tetap bisa menjalankan smartphone Android seperti biasanya. Meski begitu, berbagai fitur yang semakin canggih akan tersedia.

Dengan berbagai fitur yang bakal tersedia, akan semakin sulit bagi Anda untuk berpaling dari Android. Sebaiknya segera mengunduh Android 11 untuk smartphone Anda. Anda bisa mengetahui berbagai informasi lengkap mengenai Android hingga smartphone di wakdroid.com.

Inilah Daftar Fitur Android 11 Terbaru

Penasaran dengan fitur apa saja yang tersedia pada Android 11? Simak dibawah ini.

  • Screen Recorder

Selama beberapa tahun terakhir, pengguna Android mengalami kendala dalam hal perekaman layar. Mereka sebenarnya bisa merekam layar menggunakan aplikasi pihak ketiga. Namun itu tidak membantu untuk merekam audio internal smartphone yang digunakan. Awalnya, Google merencanakan untuk menyertakan perekam layar yang mendukung perekaman audio internal pada Android 10. Akan tetapi pada akhirnya, Google merilisnya pada Android 11.

Untuk menggunakan perekam layar built-in ini, Anda hanya perlu membuka Quick Settings dengan menyeret layar atas ke bawah (Anda tentu sudah paham bagaimana melakukannya). Anda bisa langsung menekan ‘Screen Record’ untuk mulai melakukan perekaman.

  • Notifikasi Pemberitahuan Pesan

Pada versi Android sebelumnya, notifikasi pesan akan muncul sesuai dengan diterimanya. Bahkan seringkali berada di bawah notifikasi dari aplikasi yang tidak penting. Berbeda dengan Android 11, notifikasi pesan dapat diatur dengan tiga tingkatan. Dengan begitu Anda bisa memprioritaskan pesan paling penting agar muncul di bagian atas.

Ketika menerima notifikasi, Anda bisa menekannya kemudian mengklasifikasikan menjadi tiga tingkatan. Tiga tingkatan tersebut yakni Priority, Alerting dan Silent. Notifikasi yang dimasukan kategori Priority akan muncul di bagian teratas dengan notifikasi Alerting di bawahnya. Fitur ini akan memudahkan Anda untuk menghilangkan notifikasi-notifikasi dari aplikasi yang tidak relevan. Cukup bermanfaat untuk Anda yang menginginkan ketenangan.

  • Bubbles Chat

Fitur ini cocok untuk Anda yang suka mengobrol melalui aplikasi chatting. Pada Android 11, tersedia fitur Bubbles chat yang bisa digunakan untuk berbagai aplikasi. Dengan fitur ini, Anda tetap bisa merespon pesan yang diterima tanpa harus membuka aplikasi perpesanan yang digunakan. Anda tetap bisa berada di layar dimana terakhir mengakses, seperti menonton Youtube atau bermain game. Untuk mengaktifkan fitur ini, bisa dilakukan melalui pengaturan. Buka menu Apps & Notifications > Notifications > Bubbles.

  • Pemutaran Media Memiliki Tempat Baru

Android 11 akan memberikan kesan simpel bagi penggemar musik. Sebelumnya ketika Anda memutar musik, kontrol medianya akan muncul di bagian pemberitahuan. Sementara di Android versi terbaru ini, kontrol media dipindahkan ke bagian Quick Settings di sisi atas.

Untuk menikmati fitur ini, Anda perlu mengaktifkan mode pengembang. Caranya dengan membuka Pengaturan, kemudian Tentang dan tekan berulang kali pada versi build smartphone sampai menjumpai peringatan Anda sudah menjadi developer. Setelah itu, beralih ke menu Sistem dan aktifkan fitur Media resumption.

  • Izin satu kali

Saat ini, jika Anda memberikan akses izin suatu aplikasi, maka seterusnya akses izin tersebut akan berlaku sebelum dinonaktifkan kembali. Di Android 11, Anda memiliki hak untuk memberikan akses izin satu kali saja, sehingga tidak repot mencabut izin setelah tidak diperlukan. Anda bisa membuka pengaturan perizinan untuk melihat aplikasi mana yang memiliki akses. Kemudian Anda bisa mengaturnya bagaimana aplikasi itu mendapat akses izin.

Itulah beberapa kelebihan dari Android 11 yang belum lama dirilis. Untuk mengetahui informasi mengenai Android lebih lengkap, Anda bisa membuka wakdroid.com.

Related posts

Leave a Reply