Cara Membuat SKCK Online dan Offline

  • Whatsapp
Membuat SKCK

Apa sih SKCK Itu? Mungkin bagi yang baru melamar kerja belum mengetahuinya, untuk sobat worker, saya akan menjelaskan apa Itu SKCK adalah  kepanjangan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Biasa surat ini di gunakan untuk bekerja yang di dalamnya  terdapat identitas nama, alamat, misalkan contoh kelurahan/desa kijang super No 16 Kecamatan rusa. Ini mah Cuma contoh ya jangan di sama persis isi alamatnya.

Tempat tanggal lahir sesuai tanggal lahirmu ya, pokonya mengenai riwayat hidup atau  tindakan kriminalnya. Anda dapat membuat SKCK di  polres,

Lain halnya jika kita berpergian ke luar negeri, nama yang ada di SKCK harus sama dengan nama yang ada  di paspor. Khusus untuk  tenaga kerja Indonesia (TKI), harus menyertakan surat pengantar dari perusahaan/PT tempat  bekerja yang di luar negeri

Jangan khawatir jika kita masih d luat negeri , karena bisa di urus melalui SKCK online asalkan  melampirkan surat kuasa bermaterai. Jika ingin pengambilan sidik jari.

Mau tau  bagaimana cara membuat SKCK berikut ini adalah penjelasannya :

Syarat Membuat SKCK

Langka pertama  ketika kita ingin membuat skck ,Sama dengan  mengurus dokumen lainnya, pengajuan SKCK juga membutuhkan dokumen yang pendukung lainya. Cukup mudah kok tak sesulit yang kita bayangkan  cara membuat SKCK asalkan sobat worker sudah melengkapi semua syarat membuat SKCK yang perlukan. Adapun persyaratanya terutama yaitu  berkas atau dokumen sebelum mengajukan SKCK.

Ini hal yang wajib yang harus kamu siapkan jika ingin membuat SKCK, mempersiapkan surat pengantar, biasanya surat penghantar dari desa/kelurahan. Tentu nya kamu membuat terlebih dahulu surat pengantar dari ketua RT/RW didaerahmu, Meskipun surat pengantar dari desa /kelurahan ini penting, lain halnya di wilayah atau daerah di Indonesia juga adan yang tidak memerlukan persyaratan tersebut.

Selanjutnya persyaratan yang harus  kamu lengkapi yaitu yang  berkaitan dengan dokumen-dokumen pendukung yang gunanya untuk meverifikasi identitasmu (CV).  berikut ada beberapa persyaratannya:

  • Fotokopi  Identitas  Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak 2 lembar.
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK) sebanyak 2 lembar
  • Fotokopi Akta Kelahiran sebanyak 2 lembar
  • Fotokopi Ijazah Terakhir. sebanyak 2 lembar
  • Pas foto ukuran 4×6 berlatar/background merah sebanyak 5 lembar.

Biasanya ketika sudah di depan  loket, sobat worker  akan diberikan formulir  yang harus diisi yang di dalamnya berisikan informasi pribadi dan pernyataan tidak pernah melakukan tindak kejahatan atau terjerat kasus kriminal. Setelah itu, proses sidik jari. Setelah itu kurang lebih 30 menit menunggu  petugas memanggil nama anda dan menyerahkan SKCK yang telah jadi atau disahkan.

Yang ane tahu biaya pembuatan SKCK adalah Rp20.000 (dua ribu rupiah), sekarang per Januari 2017 biaya pembuatan SKCK ini naik menjadi Rp30.000.

Di tahun 2019 untuk mempermudah dalam pembuatan SKCK, Polri kini telah menyiapkan layanan SKCK secara online dan mudah untuk di akses caranya pun tidak jauh berdeda dengan biasa bedanya hanya file atau dokumen kita berbentuk scanner semua

  • Scan  Identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Scan Kartu Keluarga (KK)
  • Scan Akte Lahir/Ijasah
  • Scan foto berukuran 4 X 6 sebanyak 6 lembar dengan backround merah,

Meskipun secara online dan ada beberapa  formulir yang harus kamu isi dan lengkapi agar kamu mendapatkan nomor registrasi. Nomor tersebut di peruntukan pengambilan proses SKCK di kantor kepolisian. Tapi untuk  melakukan sidik jari itu sama  prosesnya seperti  SKCK offline.

Related posts

Leave a Reply