Dengan rasa buah dari durian monthong yang enak ini cenderung membuat ketagihan banyak sekali orang yang sulit berhenti untuk makan buah durian ini. Apalagi pada saat musim panen durian monthong datang, durian monthong ini bisa menjadi camilan yang harus untuk banyak orang. Akan tetapi meski rasanya enak dan kaya manfaat, konsumsi durian justru dapat berakibat buruk jika tak tahu cara konsumsinya yang baik dan bijaksana.

Inilah cara yang tepat memakan buah durian. Dengan demikian, kamu dapat mendapatkan manfaat yang positif dan menghindari efek buruknya. Dan kamu bisa lihat tentang bibit buah yang belum kamu ketahui di www.kebunbibitbuah.com:

  • Batasi konsumsi buah durian

Buah durian adalah buah yang kaya manfaat. Akan tetapi perlu pembatasan konsumsi buah ini. Salah satu alasannya merupakan karena kalori dalam durian jenis montong yang tinggi. Jumlah aman untuk dikonsumsi adalah 100 gram daging durian atau sekamur dua potong durian bagi mereka yang tidak memiliki masalah kesehatan.

  • Tidak makan durian bagi pemilik penyakit ginjal

Bagi penderita penyakit tertentu termasuk ginjal, sebaiknya tidak memakan buah ini. Di dalam buah durian mengandung kalium tinggi. Hal ini akan membahayakan nyawa jika memakannya. Akan merasa lebih baik ketika kamu konsultasi dengan dokter apabila benar-benar ingin menikmati rasa durian ini.

  • Jangan dikonsumsi bersamaan dengan alkohol

Perlu kamu ketahui minuman beralkohol dan minuman bersoda tidak baik apabila dimakan bersamaan dengan buah durian. Hal ini akan memicu tubuh untuk membentuk zat sulfur atau belerang. Adanya belerang di dalam tubuh dapat menjadi racun dan mengancam nyawa.

  • Lihat berat durian sebelum memakannya

Untuk durian yang berjenis monthong ini, dagingnya lebih tebal dan ukurannya yang lebih besar. Satu potong saja dapat memiliki berat antara 200 dan 300 gram. Jadi, kamu dapat hitung sendiri kalori yang ada di dalamnya. Cara pintar untuk memakannya ialah dengan menghitung kebutuhan kalori di dalam tubuh. Jangan sampai tubuh menyimpan lebih banyak kalori. Karena akan memicu naik berat badan dan mengganggu kesehatan.

  • Lihat riwayat penyakit

Orang sehat hanya dapat memakan buah durian dalam jumlah terbatas. Apalagi bagi yang memiliki riwayat penyakit tertentu. Konsultasi dengan dokter adalah saran yang bijaksana. Khususnya bagi yang menderita gastritis atau radang lambung. Seharusnya jangan terlalu dikonsumsi dengan jumlah yang besar ketika konsumsi jenis buah durian monthong. Karena di dalam perut, buah ini akan mengalami fermentasi dan menghasilkan alkohol dalam jumlah yang tinggi.

Cara Mengolah Daging Buah Durian Monthong untuk Konsumsi

Buah yang sangat populer di dunia karena baunya ini dapat digunakan ke dalam berbagai industri, termasuk industri makanan. Jadi, selain dimakan dalam keadaan segar, buah ini juga dapat diolah. Berikut ini beberapa manfaat durian monthong atau juga durian yang mempunyai nilai ekonomis yang lebih tinggi:

  • Daging dari buah durian bisa dimanfaatkan untuk membumbui banyak sekali hidangan.
  • Rasa manis buah ini dapat dipakai sebagai bahan makanan penutup, es krim, kue, permen dll.
  • Durian mentah juga dapat dimasak dan dimakan sebagai sayuran, meskipun bagi orang Indonesia belum banyak yang mengetahuinya.
  • Tunas dan daun muda juga dimasak sebagai sayuran.
  • Daging buah dapat dijadikan saus.
  • Untuk daging buah durian kualitas rendah dapat difermentasi sebagai bahan makanan.