Tips Memilih Produk Pembiayaan untuk KPR

  • Whatsapp
rumah KPR

Dewasa ini, kesempatan untuk memiliki rumah semakin terbuka bagi siapa saja. Bahkan bagi Anda yang belum memiliki uang yang besar, Anda bisa mendapatkannya melalui produk pembiayaan dengan sistem pembayaran cicilan. Produk ini dikenal juga dengan sebutan KPR.

Saat ini produk tersebut bahkan tersedia juga bagi para pemilik tabungan syariah. Nah, berikut akan kami coba paparkan beberapa tips yang harus Anda perhatikan sebelum membeli produk perbankan ini:

  1. Memilih Developer yang Tepat

Kredibilitas developer atau pengembang rumah merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Pasalnya, mereka merupakan tulang punggung yang menentukan kualitas rumah yang dibangun. Cek terlebih dahulu informasi pengembang sebelum Anda memilihnya.

Untuk mengeceknya kini tidak terlalu sulit. Anda bisa bertanya pada orang yang sudah menggunakan produk mereka. Atau, bisa juga mencari informasinya melalui internet.

  1. Cek Informasi Uang Muka dan Cicilan

Finansial menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Untuk mengetahui kesiapan finansial Anda, sebaiknya cek informasi uang muka dan cicilannya terlebih dahulu. Tujuannya agar Anda tahu berapa besar uang muka yang harus dipersiapkan di awal, dan seberapa besar cicilan yang harus Anda siapkan setiap bulannya.

Untuk mengecek informasi ini, Anda bisa langsung mengunjungi pihak terkait, atau pihak marketingnya.

  1. Perhatikan Tipe Rumah

Setelah mengetahui berapa uang muka dan cicilannya, selanjutnya Anda perhatikan tipe rumah yang ditawarkan. Pastikan tipe rumahnya Sesuai dengan harga yang ditawarkan. Untuk mengetahuinya, Anda bisa langsung ke tempat bangunan tersebut didirikan. Dengan begitu Anda bisa mengeceknya secara keseluruhan.

Pastikan harga dan kualitasnya sebanding. Dengan begitu, uang yang Anda keluarkan pun tidak akan sia-sia.

  1. Sistem Pembayaran

Cek bagaimana sistem pembayarannya. Apakah bisa dibayarkan dengan dengan sistem KPR syariah atau apakah jenis KPR konvensional. Sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu karena dua sistem perbankan ini tergolong berbeda.

Itulah informasi seputar pembiayaan rumah yang penting untuk Anda perhatikan di awal. Bagi Anda yang berencana membelinya, Anda bisa langsung mencarinya di daerah Anda, lalu cek apakah sudah bekerjasama dengan bank untuk pembayaran atau pembelian melalui sistem KPR atau belum.

Related posts