Mempersiapkan Kecepatan Internet Pada Smart Home

  • Whatsapp
Mempersiapkan Kecepatan Internet Pada Smart Home

Apakah Anda siap untuk meningkatkan rumah Anda dengan smart locks, smart bulbs, smart speakers? Sebelum membeli sesuatu, Anda perlu memastikan bagian terpenting dari rumah yang harus siap untuk digunakan yakni koneksi internet.

Dengan berbagai perangkat itu artinya internet memberdayakan rumah  dan tanpa koneksi Wi-Fi yang kuat dan cepat, semuanya dapat terhenti. Tak lama setelah memperkenalkan sepiker Google Home dan satu set bohlam Philip Hue (dengan hubnya), Wi-Fi mulai terputus-putus. Bahkan memuat situs web adalah tugas yang membosankan dan memulai ulang router menjadi kejadian sehari-hari. Setelah beberapa perbaikan, Wi-Fi kembali normal, tetapi selamatkan diri Anda dari masalah dan persiapkan rumah Anda sebelum Anda membawa perangkat tersebut ke rumah.

Pertama, periksa layanan internet Anda

Kapan terakhir kali Anda memeriksa paket internet Anda? Ada kemungkinan besar Anda mungkin membayar lebih untuk internet lambat yang tidak akan berfungsi dengan rumah Anda. Cek dengan cermat melalui situs-situs pengukuran kecepatan internet, lalu bandingkan dengan pelayanan yang Anda pesan. Sales nakal mungkin akan memberi tagihan palsu kepada Anda, sementara pelayanannya tidak sebanding dengan harga yang ditentukan. Minta bantuan teman yang mengerti tentang koneksi internet, lalu hubungi kembali provider Anda jika terjadi kesalahan pelayanan.

Bisakah router atau modem Anda mengontrol kecepatan?

Router dan modem terbaru sangat penting dirumah, karena peralatan yang lebih baru dapat menangani perangkat dalam jumlah besar dan mendukung kecepatan cepat yang Anda dapatkan sekarang. Pikirkan semua hal yang ada di rumah yang sudah terhubung ke internet. Antara satu atau dua laptop, tablet, smartphone, stik streaming, dan konsol game, bandwidth Anda akan cepat habis.

Jika Anda kemudian ingin menyambungkan steker  , lampu  , speaker  , dan kunci  , Wi-Fi Anda dapat semakin lambat untuk menghantarkan internet. Tidak semua alat bisa digunakan bertahun-tahun, sementara kebutuhan internet semakin meningkat di rumah. Tidak semua perangkat bisa menyalurkan kecepatan yang sesuai apalagi jika dengan alat yang sudah lama. Lebih baik lagi, beli perlengkapan Anda sendiri. Anda akan menghemat biaya sewa dan mendapatkan lebih banyak kendali saat Anda meningkatkan peralatan Anda. Perhatikan saja kecepatan maksimum yang ditawarkan untuk paket internet Anda. Saat Anda berbelanja untuk router atau modem, cari kecepatan unduh maksimum yang dapat mereka tangani, yang biasanya ada di kotak atau deskripsi produk online.

Pastikan router Anda berada di tempat yang tepat

Jangan letakkan router Anda di ruang tertutup, seperti lemari atau dikelilingi buku di rak buku. Interferensi adalah musuh terbesar Anda dalam hal sinyal Wi-Fi yang kuat dan jika sinyal itu perlu menembus benda padat – dinding, buku, kayu – sinyal itu akan menjadi semakin lemah. Selain itu, router juga terkenal rapuh cenderung mudah panas dan membutuhkan ventilasi yang baik agar berfungsi dengan baik. Biarkan banyak aliran udara di sekitarnya.

Apakah saat ini Anda mengalami kelambatan, penundaan, atau koneksi terputus? Jika demikian, jaringan Anda mungkin akan diperbarui. Kabar baiknya adalah mengupgrade perlengkapan jaringan Anda tidak harus merepotkan. Faktanya, sistem Wi-Fi yang lebih baru menampilkan pengaturan berbasis browser yang membuatnya cukup mudah.

  • Internet broadband adalah fondasi dari jaringan yang kuat

Untuk mendapatkan Wi-Fi cepat, Anda memerlukan sambungan internet yang kuat dan andal. Kami merekomendasikan layanan internet kabel atau serat optik untuk kinerja terbaik. Beli penyedia layanan lokal Anda untuk melihat paket dan penawaran apa yang tersedia.

  • Sudah punya internet berkecepatan tinggi?

Jika Anda sudah memiliki layanan berkecepatan tinggi, pastikan Anda mendapatkan kecepatan unduh yang cepat. Hubungkan komputer Anda ke modem melalui kabel Ethernet, dan jalankan uji kecepatan untuk mengukur kinerja internet. Jika Anda mendapatkan kecepatan yang seharusnya disediakan oleh paket Anda, langkah selanjutnya adalah menguji Wi-Fi Anda.

Gunakan aplikasi Speedtest Ookla untuk mengukur kecepatan unduh Wi-Fi di sekitar rumah. Bandingkan hasil dengan apa yang Anda ukur melalui komputer berkabel. Jika kecepatan unduh Anda melambat, atau jika Anda mendapatkan koneksi yang tidak stabil di beberapa area, perute Wi-Fi Anda adalah penyebabnya.

Tetapi jika Anda menemukan bahwa tetangga diam-diam berhasil menggunakan wifi Anda, kini waktunya mengganti password indihome. Cara ganti password wifi indihome Anda tidaklah sulit, cukup buka PC Anda yang terhubung dengan internet dan perangkat indihome. Kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka halaman browser seperti mozilla/google chrome dan ketik 192.168.1.1  pada bagian alamat IP adress.
  2. Masuk ke menu pengaturan, lihat pada bagian sebelah kiri, dan klik menu network.
  3. Pilih bagian WLAN, lalu pilih sub menu secruity.
  4. Ganti password WiFi Indihome, dan fokus pada kolom WPA Passphrase. Input password indihome yang baru baru pada kolom itu lalu klik submit.

Related posts

Leave a Reply