Cara Membuat Mind Maping yang Simple dan Menarik

  • Whatsapp
Mind Maping

Merasa kesulitan menghafal hal-hal penting atau sulit memahaminya? Jangan terburu putus asa. Sepertinya kalian harus mengetahui cara membuat mind maping yang simple dan menarik untuk membantu mengingat dan memahami. Mind Maping sendiri sudah tidak asing lagi di dunia pendidikan maupun keseharian, oleh karena itu kalian harus mencoba membuatnya sesimple dan semenarik mungkin.

Apa Mind Maping Itu? Apa Manfaatnya?

Sebuah proses memetakan pemikiran yang berguna untuk menghubungkan konsep permasalahan tertentu disebut dengan mind maping. Bagi kalian yang belum mengetahui maknanya, mind maping sendiri membentuk suatu hubungan konsep ke arah suatu pemahaman. Lalu hasilnya akan dituangkan langsung agar mudah dipahami oleh pembuat. Singkatnya, di dalam mind maping tertulis gambaran langsung mengenai cara kerja pikiran serta terkoneksi di dalam otak.

Tidak hanya itu, pembuatan mind maping juga memiliki berbagai manfaat yang bisa kalian rasakan. Beberapa diantaranya seperti mendefinisikan tema utama dengan jelas, bisa juga mempercepat proses pencatatan karena kalian hanya butuh menuliskan kata kuncinya. Selain itu, mind maping juga akan memberikan manfaat kepada kalian berupa teridentifikasinya level utama dalam informasi.

Inilah Cara Mudah, Simple Membuat Mind Maping yang Menarik

Sebelum kalian semakin kesulitan dalam memahami ataupun menghafal sesuatu, baiknya segera buat saja mind mapingnya. Tapi, bagaimana jika tidak tahu caranya? Jangan khawatir, berikut ini tersedia cara mudah membuat mind maping yang simple dan menarik. Penasaran? Simak penjabaran di bawah ini dan catat setiap cara-caranya, ya?

  1. Cari dan Pilih Media yang Ingin Digunakan

Cara pertama untuk membuat mind maping yang simple dan menarik adalah kalian harus mencari dan memilih media yang ingin digunakan. Misalnya, kalian memutuskan untuk membuat mind maping secara manual, maka siapkan kertas, spidol warna dan lain-lain.

Apabila ingin menggunakan software maupun aplikasi khusus, kalian bisa mengunduhnya lebih dahulu. Jangan lupa untuk memastikan bahwa kalian benar-benar sudah memahami berbagai fitur dan cara pembuatan mind maping menggunakan software atau aplikasi tersebut. Mengapa? agar pembuatan mind maping kalian tidak terlalu lama.

  1. Pastikan Menentukan Tema Besar Lebih Dahulu

Setelah menentukan media yang akan kalian gunakan, selanjutnya tentukan tema besar yang akan menjadi bahan pembuatan mind maping. Setelah menemukan temanya, kalian harus meletakkan tulisan tema besar tersebut di bagian tengah-tengah media yang digunakan. Penulisan semacam ini akan memudahkan kalian dalam menuliskan cabang lainnya nanti.

Kalian juga bisa meletakkan tulisan mengenai tema besar mind maping di bagian atas apabila kertas atau media yang kalian gunakan berbentuk verikal. Sehingga, nantinya kalian bisa membuat manidn maping dengan pola ke bawah. Model seperti ini jug akan memudahkan kalian dalam membaca hasil dari pembuatan mind maping nantinya.

  1. Buat Sub Tema

Bukan hanya tema besar yang dibutuhkan untuk membyat mind maping yang simple, melainkan kalian juga harus menentukan sub temanya. Cara membuat sub tema ini bisa kalian ambilkan dari beberapa fenomena atau keadaan di sekitar. Sub tema ini sebenarnya lebih mengarah kepada jalan selanjutnya dari pembuatan mind maping tersebut.

Peletakan sub tema di dalam mind maping ini bisa kalian sesuaikan dengan maksud masing-masing asalkan tetap jelas dipahami. Seperti misalnya di antara tema besar, di sekelilingnya atau berada di bawah tema besar. Untuk memudahkan, kalian bisa melihat berbagai contoh mind maping yang sudah banyak tersedia.

  1. Pilih dan Gunakan Warna yang Menarik

Cara membuat mind maping yang simple dan menarik berikutnya adalah kalian harus memastikan untuk memilih dan menggunakan warna yang menarik. Hindari penggunaan warna gelap untuk menghias mind maping yang kalian buat. Untuk memudahkan pemahaman, kalian juga bisa menggunakan pena tiga warna yakni merah, hitam dan biru.

Pertegas tulisan yang dianggap penting untuk dihafal maupun dipahami dalam mind maping. Jika perlu, kalian bisa menggunakan stabila berwarna cerah untuk membold permukaan tulisan yang penting. Kreasikan tampilan mind maping sesuai dengan kehendak kalian.

  1. Beri Gambar Sesuai dengan Keinginan

Bukan hanya sederhana, mind maping yang mudah dipahami sesungguhnya adalah yang mampu menarik perhatian dan simple. Untuk memunculkan kesan menarik, kalian bisa memberikan ragam gambar lucu atau gambar yagn memberikan motivasi. Bubuhkan di atas media mind maping menggunakan perekat.

Lantas, bagaimana jika media yang digunakan berupa software atau aplikasi? Tentu saja akan lebih mudah, pasalnya kalian hanya tinggal mencari gambar menarik di internet, kemudian menempelkannya di lembar mind maping yang sedang dibuat. Pemberian gambar ini juga bisa kalian sesuaikan dengan konsep mind maping yang dibuat, misalnya mind maping pohon, peta konsep dan lain sebagainya.

  1. Gunakan Garis untuk Menghubungkan Gambar, Tulisan dan Poin-poin Lain

Cara terakhir yang bisa kalian lakukan untuk membuat mind maping adalah dengan menggunakan garis-garis. Untuk apa garisnya? Jelas saja untuk membantu kalian dalam menghubungkan tema besar dengan sub tema atau dengan perencanaan lainnya. Sehingga, dengan demikian kalian bisa dengan mudah memahami dan membaca mind maping yang kalian buat sendiri.

Nah, itulah penjelasan dan tahapan cara membuat mind maping yang simple dan menarik. Apakah kalian bisa memahaminya dengan jelas? Ternyata membuat mind maping yang menarik itu tidak sulit, bukan? Apalagi jika kalian menggunakan software pembuat mind maping, pasti akan lebih cepat dan hasilnya juga menarik. Semoga ulasan di atas bermanfaat! Jika ingin membaca artikel lain tentang tutorial, bisnis, dan lain sebagainya, bisa langsung baca di blog Dunia Faisol.

Related posts

Leave a Reply