Masa Depan Industri Perhotelan Setelah Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
Masa Depan Industri Perhotelan Setelah Pandemi Covid-19

Bisnis yang paling terpukul karena Covid-19 adalah pariwisata. Salah satunya tentu saja industri perhotelan. Banyak hotel yang sudah direnovasi total, mulai dari perubahan desain hingga bagian jeroan seperti penggantian pipa PVC agar sistem pembuangan air lebih baik lagi, akhirnya tidak mendapatkan untung. Jangankan untung. Agar bisa membayar hutang biaya renovasi saja sudah engap-engap.

Namun, hal tersebut tidak dialami oleh semua hotel. Beruntung, beberapa hotel bisa digunakan sebagai tempat isolasi diri. Ada yang memang menawarkan sewa kamar untuk isolasi diri. Targetnya adalah mereka yang mudik atau pulang kampung yang tidak diperbolehkan masuk ke area kampung halaman. Mereka harus melakukan isolasi diri hingga 14 hari. Dan pilihannya adalah menginap di hotel yang terdekat.

Di sisi lain, ada juga pihak hotel yang bekerjasama dengan pemerintah kota. Mereka menyediakan kamar untuk tempat istirahat para tenaga medis yang menangani Covid-19. Ada juga yang menjadikan hotel sebagai rumah sakit penanganan pasien positif covid-19.

Akan tetapi, yang jadi pertanyaan adalah sampai kapan ini terjadi. Sepertinya, tidak mungkin hotel akan terus terusan bertahan seperti saat ini. Apalagi diprediksi virus Covid-19 ini akan terus menerus ada.

Apakah industri pariwisata dan juga perhotelan akan hilang? Sepertinya tidak. Ada kemungkinan manusia di seluruh dunia akan masuk ke era yang disebut dengan New Normal, yaitu kondisi di mana masyarakat melakukan aktivitas normal dengan cara yang berbeda. Misalnya saja lebih menjaga kebersihan dengan lebih sering mencuci tangan pakai sabun, pakai masker ketika ke luar rumah, dan lain sebagainya.

Jika itu yang terjadi, semuanya harus beradaptasi, tak terkecuali mereka yang bergerak di industri perhotelan. Hotel harus menjamin kehigienisan dan kebersihan semua hal yang ada di hotel. Dengan cara ini, masyarakat lebih tenang untuk menyewa kamar hotel di saat setelah pandemi Covid-19 ini selesai.

Tidak hanya itu. Mereka yang bekerja di hotel juga harus mendapatkan training baru. Misalnya saja bagaimana mengecek kondisi kesehatan mereka yang ingin menginap, bagaimana cara melayani tamu dengan menerapkan protokol kesehatan, dan lain sebagainya.

Yang pasti, semuanya harus beradapatasi. Tinggal bagaimana setiap bisnis atau industi melakukan adaptasi. Atau ada juga opsi lain. Hotel dirombak total, entah itu menjadi klinik mengingat di masa depan bisa dipastikan masyarakat akan lebih tinggi kesadarannya akan kesehatan.

Related posts

Leave a Reply