Pada umumnya buah-buahan merupakan bahan yang sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahan ini dikenal sehat dan juga mempunyai berbagai manfaat alami untuk mencegah penyakit dan bahkan mengobati penyakit apabila dikonsumsi secara rutin dan benar. Salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi tersebut adalah buah bit terutama bit merah. Dimana bit merah merupakan tanaman sejenis umbi yang mempunyai warna cantik ungu kemerahan dan bentuknya seperti kentang. Buah ini kaya akan berbagai manfaat karena mempunyai tinggi karbohidrat, rendah lemak, dan mengandung kalori dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Bit merah sendiri juga sangat berguna untuk kesehatan karena dapat memberikan keuntungan kesehatan yang harus diketahui seperti berikut:

  • Mencegah kanker

Fungsi yang sangat penting pertama dari buah ini adalah dapat untuk mencegah kanker. Dimana kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan apabila diderita oleh pasiennya. Oleh karena itulah bagi Anda takut suatu saat terkena penyakit ini, salah satu hal yang bisa dilakukan selain dengan mempunyai pola hidup yang sehat adalah dengan mengkonsumsi buah yang satu ini. Bit merah mempunyai manfaat yang dapat untuk mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh. Hal tersebut bisa didapatkan karena ekstrak buah ini yang dapat untuk menekan pertumbuhan sel kanker karena kandungan antioksidan dan juga betasianin yang ada di dalamnya yang bisa mencegah kanker.

  • Baik dikonsumsi penderita diabetes

Manfaat kesehatan selanjutnya dari buah yang satu ini adalah sangat baik untuk penderita diabetes. Penderita diabetes pada umumnya mempunyai banyak pantangan kesehatan untuk mengkonsumsi makanan tertentu. Tetapi tidak dengan bit yang merupakan bahan yang baik untuk dikonsumsi. Bit mempunyai kandungan antioksidan asam alpha lipoic yang mempunyai manfaat terbaik untuk dapat menyembuhkan saraf rusak pada penderita diabetes. Selain itu bit juga merupakan buah yang dapat untuk memperbaiki kadar gula darah pada penderita obesitas dengan lebih optimal.

  • Mencegah hipertensi

Penyakit selanjutnya yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi bit secara rutin adalah hipertensi. Dimana dengan mengkonsumsi obat ini dengan dibuat jus bisa untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan otimal. Hal tersebut karena bit mempunyai kandungan nitrat yang dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Oleh karena itulah untuk penderita hipertensi sebaiknya dapat mengkonsumsi jus buah ini dengan benar yaitu tanpa tambahan gula ataupun susu. Selain itu, kandungan nitrat dalam buah ini juga baik untuk menjaga kesehatan jantung agar tetap sehat.

  • Menjaga kesehatan jantung

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa buah ini mempunyai kandungan nitrat yang mempunyai manfaat untuk kesehatan jantung. Selain itu, bit juga mempunyai kandungan serat larut, flavonoid, dan betacyanin yang merupakan kandungan penting untuk menjaga kesehatan. Dimana kandungan tersebut dapat untuk mengurangi kolesterol yang berbahaya sehingga mencegah resiko terjadinya kemungkinan terkena serangan jantung dan stroke yang bisa mematikan.

  • Meningkatkan kesehatan seksual

Keuntungan terakhir yang dapat dirasakan ketika mengkonsumsi buah bit secara rutin adalah dapat untuk meningkatkan kesehatan seksual. Bit bisa menjadi viagra alami dan juga tidak berbahaya. Hal tersebut karena buah ini mempunyai kandungan nitrat yang telah dijelaskan sebelumnya yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Selain dapat untuk menjaga kesehatan jantung, kandungan nitrat juga dapat untuk melebarkan pembuluh darah serta meningkatkan sirkulasi darah di sekitar alat kelamin. Hal tersebut dapat untuk membuat ereksi menjadi lebih lama dan meningkatkan kesehatan seksual.