Enak dan Menyegarkan, Inilah 5 Manfaat Jambu Kristal

  • Whatsapp
Jambu Kristal

Ketika kita sedang membeli jambu kristal, tentu kita menyadari betul bahwa jambu yang satu ini dibanderol dengan harga yang lebih tinggi apabila kita bandingkan dengan jambu-jambu jenis lain. Ternyata, tingginya nilai ekonomi pada jambu sebanding lurus dengan manfaat yang bisa kita peroleh untuk kesehatan. Soalnya, kita memang tidak boleh meremehkan manfaat dari buah yang satu ini.

Ketika kita melihat berdasarkan tampilan fisik, maka kita bisa melihat bahwa jambu yang satu ini menyerupai jambu biji pada umumnya, namun bobot buahnya hanya sekitar 250-500 gram saja. Sementara itu, permukaan bagian bawah buah ini juga tidak merata. Akan tetapi, jambu kristal yang bisa kita dapatkan secara mudah di TaniHub, platform belanja sayur dan buah terbaik ini juga memiliki daging buah yang tebal. Bahkan, jambu kristal juga memiliki biji yang sangat sedikit atau hampir tidak berbiji.

Untuk kandungannya sendiri, jambu kristal memiliki kandungan vitamin C yang jumlahnya lebih dari jeruk, bahkan dapat mencapai dua kali lebih banyak dari jeruk. Vitamin C pada jambu kristal ini terlihat pada kulit dan daging jambu kristal bagian luar. Sementara itu, kandungan vitamin C pada buah jambu kristal akan terus meningkat dan mencapai puncak ketika jambu kristal sudah matang. Tidak heran, jambu kristal pun berperan penting sebagai sumber serat untuk tubuh kita. Adapun jenis serat yang banyak terdapat pada jambu kristal ialah pektin. Zat yang satu ini termasuk sebagai salah satu jenis serat yang dapat larut pada air. Nah, kayanya kandungan ini tentu juga akan memberikan dampak positif bagi tubuh kita, misalnya seperti melalui 5 manfaat jambu kristal berikut ini,

1. Menghindari tubuh dari radikal bebas

Seperti yang kita tahu, jambu kristal memiliki kandungan vitamin C yang sangat banyak. Vitamin yang satu ini berperan penting untuk menangkal serangan radikal bebas melalui zat antioksidan/ apalagi, seperti yang kita tahu radikal bebas dapat berpengaruh pada berbagai kondisi kesehatan. Sementara itu, vitamin C juga diperlukan dalam proses penyembuhan.

2. Melancarkan saluran pencernaan

Konsumsi jambu kristal yang teratur akan membuat saluran pencernaan tetap sehat. Soalnya, seperti yang kita tahu, kita dapat membuat saluran pencernaan kita menjadi lebih sehat apabila kita mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat. Sementara itu, serat pada makanan akan berfungsi untuk membuat masa feses menjadi meningkat serta melindungi kita dari risiko konstipasi.

3. Mengontrol berat badan

Apakah kamu sedang menjalankan diet? Apabila jawabannya ya, maka kamu bisa menggunakan jambu kristal sebagai salah satu pilihan diet kamu. Soalnya, jambu kristal memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga berperan efektif untuk membuat kita lebih tahan lebih lama terhadap lapar. Apalagi, kandungan serat yang tinggi ini pun bermanfaat untuk membuat gula yang terserap ke tubuh menjadi lebih sedikit. Alhasil, ekskresi asam empedu dapat ditingkatkan.

4. Meredakan gejala flu

Manfaat lainnya yang tidak boleh kita lewatkan ketika sedang mengkonsumsi jambu kristal ialah dapat meredakan gejala flu, termasuk batuk. Soalnya, ketika kita mengkonsumsi jambu yang saat ini, maka lendir pada tenggorokan kita akan berkurang. Jadi, kita bisa bernapas secara lega.

5. Memelihara kesehatan mata

Jambu kristal juga termasuk sebagai salah satu jenis jambu yang memiliki kandungan vitamin A. Tidak heran, jambu yang satu ini juga baik untuk menunjang kesehatan mata kita. Bahkan, kita bisa menghindari risiko masalah pada mata seperti rabun jauh dan rabun dekat.

Related posts