Apa Itu Market Share, Rumus dan Contohnya?

rumus market share

Dalam rangka memasarkan suatu produk atau jasa, biasanya perusahaan akan menyusun strategi pemasaran yang dinilai efektif untuk menarik minat pelanggan. Penyusunan strategi pemasaran ini didasarkan oleh berbagai pertimbangan, salah satunya ialah pangsa pasar (market share). Apa itu market share, contoh, dan cara rumus market share? Simak selengkapnya di bawah ini!

Apa itu Market Share?

Secara umum, market share adalah persentase penjualan yang diperoleh suatu perusahaan selama kurun waktu tertentu apabila dibandingkan dengan total penjualan yang diperoleh seluruh perusahaan dalam bidang industri dan periode yang sama.

Misalnya, total pendapatan yang diperoleh suatu perusahaan A yang menjual mie instan dalam kurun waktu satu bulan adalah 40 juta, sedangkan total pendapatan seluruh perusahaan yang menjual mie instan adalah 1 miliar rupiah. Dengan demikian, perusahaan A memegang market share sebesar 4%.

Penghitungan market share umumnya digunakan untuk memberikan gambaran umum kepada perusahaan mengenai pasar atau target konsumen yang dituju, dan pesaingnya.

Market share yang dimiliki suatu perusahaan juga akan sangat berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan terbuka, begitu pula pada pengambilan keputusan investor untuk berinvestasi pada sebuah perusahaan.

Apa Tujuan dan Fungsi Market Share?

Berikut beberapa fungsi dan manfaat market share bagi investor maupun pemilik perusahaan.

Mengetahui Kekuatan Brand di Mata Konsumen

Pertama, dengan mengetahui market share, kamu bisa mengetahui sejauh mana kekuatan brand di mata konsumen atau orang awam yang belum menggunakan produk atau jasa yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan perusahaan.

Hal tersebut sekaligus dapat menjadi bahan evaluasi untuk menilai apakah strategi pemasaran yang telah diterapkan selama ini sudah efektif dalam mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan pembelian. Lebih lanjut, market share juga tercerminkan pada seberapa besar loyalitas konsumen dalam membeli barang atau jasa yang dikeluarkan sebuah perusahaan.

Memperkirakan Prospek Perusahaan di Masa Depan

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, market share sangat penting terutama dalam pasar keuangan. Besarnya market share akan menentukan jumlah dana yang diberikan oleh investor maupun stakeholders sebagai bentuk investasi pada sebuah perusahaan.

Semakin banyak investor yang menanamkan dana investasi pada perusahaan, berarti semakin besar peluang untuk mengembangkan skala perusahaan tersebut. Skala perusahaan ini berkaitan dengan penambahan jumlah karyawan yang direkrut, aset yang dimiliki, dan tentunya pemahaman masyarakat mengenai jenis barang atau jasa yang dijual.

Menentukan Daya Saing Perusahaan

Selain profitabilitas, competitiveness atau daya saing perusahaan merupakan aspek lain yang turut ditinjau oleh investor dalam mengambil keputusan untuk berinvestasi pada perusahaan.

Dengan memiliki pemahaman tentang besar market share yang berhasil dikuasai oleh sebuah perusahaan, pihak manajemen perusahaan bisa menyusun strategi untuk meningkatkan pangsa pasar perusahaan.

Rumus Market Share

Adapun rumus market share bisa kamu cek di bawah ini.

Market Share = Penjualan / Total Penjualan x 100%

Sementara itu, penjualan dapat dihitung dengan rumus:

Penjualan = Unit yang dijual x Harga jual per unit

Contoh Market Share

PT ABCEE adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur yang memproduksi susu dalam kemasan botol dengan rasa coklat dan plain, serta yogurt dengan varian rasa blueberry. Pada bulan November 2021, PT. ABCEE mencatat penjualan sebagai berikut:

  • Susu Coklat: terjual sebanyak 5.130 botol dengan harga jual Rp8.000
  • Susu Plain : terjual sebanyak 4.370 botol dengan harga jual Rp7.000
  • Yogurt: terjual sebanyak 2.500 botol dengan harga jual Rp12.000

Diketahui total penjualan seluruh perusahaan pada industri serupa di Indonesia mencapai 5 miliar rupiah. Lalu, berapakah market share yang dimiliki oleh PT. ABCEE?

Berdasarkan kasus tersebut, dapat diketahui bahwa jumlah total penjualan PT. ABCEE selama bulan November 2021 adalah sebagai berikut.

Penjualan = Unit yang dijual x Harga jual per unit

Penjualan = (5.130 x Rp8.000) + (4.370 x Rp7.000) + (2.500 x Rp12.000) = Rp101.630.000

Dengan menggunakan rumus sebelumnya, market share yang dimiliki PT. ABCEE selama bulan November 2021 adalah sebesar:

Market Share = Penjualan / Total Penjualan x 100%

Market share = Rp101.630.000 / Rp5.000.000.000 x 100% = 0,02%

Related posts