3 Penyebab Utama Bayi Mual dan Muntah yang Patut Diwaspadai

  • Whatsapp
3 Penyebab Utama Bayi Mual dan Muntah yang Patut Diwaspadai

Obat mual muntah yang aman untuk bayi harus menjadi prioritas utama yang disediakan dalam kotak P3K di rumah. Khususnya untuk orang tua baru. Karena pada umumnya penyakit yang diderita bayi menunjukkan gejala mual-mual hingga muntah.

Tapi jangan langsung cemas, hal ini wajar terjadi karena kondisi bayi yang masih rentan terhadap suhu udara. Selain itu, alat pencernaan bayi yang belum terlatih secara sempurna.

Penyebab Mual dan Muntah pada Bayi

Bayi yang mengalami mual dan muntah terjadi karena beberapa hal. Penyebab yang utama ialah kondisi badan bayi yang kurang sehat. Baik itu dikarenakan bakteri atau infeksi virus pada badan si kecil atau mungkin karena penyakit bawaan lahir.

Namun, mual dan muntah sering menjadi fokus utama bahwa bayi Anda menderita suatu penyakit. Maka dari itu, sangat penting bagi orang tua mengetahui penyebab utama bayi mual dan muntah, seperti yang akan dipaparkan berikut ini.

  • Refluks Asam Lambung

Kondisi seperti ini terjadi ketika otot di bawah ujung esofagus menjadi terlalu rileks. Hal tersebut memungkinkan isi perut kembali naik ke atas. Refluks asam lambung perlu diwaspadai lantaran bisa memburuk jika terus menerus terjadi. Anda bisa mengatasinya dengan membuat bayi sering bersendawa serta meninggalkan bayi dalam posisi yang nyaman.

  • Infeksi

Seperti yang kita tahu bahwa bayi masih sangat rentan terhadap apapun, termasuk infeksi perut dan usus yang disebabkan bakteri atau virus. Ternyata hal tersebut menjadi pemicu paling umum bayi mual dan muntah.

Muntah akibat infeksi lambung mungkin juga disertai gejala demam, diare, dan kadang-kadang mual serta sakit perut. Maka dari itu orang tua harus selalu siap sedia obat mual muntah yang aman untuk bayi dalam rangka pencegahan.

  • Minum Susu Formula

Meskipun jadi alternatif ASI, tidak semua bayi bisa mencerna susu formula di dalam perutnya. Bayi yang minum susu formula justru cenderung lebih sering muntah. Karena susu formula membutuhkan waktu lebih lama untuk meninggalkan perut dibandingkan ASI.

Selain itu, bayi yang minum susu melalui dot akan terus menerus menyedot sampai habis meskipun sudah kenyang. Hal tersebut menyebabkan bayi mual-mual, buruknya bayi bisa muntah dalam kurun waktu yang lebih lama.

Itulah tiga penyebab utama bayi mual dan muntah yang patut diwaspadai. Dalam kondisi yang tidak diperkirakan bisa saja bayi memperlihatkan gejala mual dan muntah. Maka dari itu sebagai orang tua yang sigap, alangkah baiknya menyediakan obat mual muntah yang aman untuk bayi. Anda bisa mencarinya dengan mudah untuk persediaan di rumah melalui https://www.goapotik.com/.

Related posts

Leave a Reply