Obat Herbal Kista: Berikut Beberapa Nyeri Sendi yang Menjadi Penyebab Kista Baker

  • Whatsapp
Penyebab Kista Baker

Kista baker merupakan salah satu benjolan yang berisi cari di lutut dalam bagian belakang. Hal ini menyebabkan bagian belakang lutut menjadi bengkak dan terasa nyeri ketika mulai menggerakkannya, rasa nyeri ini membuat penderita memiliki gerak terbatas. Kista baker dapat dialami oleh semua orang termasuk anak-anak hingga dewasa, namun penyakit ini lebih banyak ditemui pada wanita berusia 40 tahun keatas walaupun tidak berbahaya namun pengobatan diperlukan jika pembengkakan sudah membesar dan menimbulkan rasa nyeri. Obat herbal kista dapat digunakan untuk membuat kista baker berkurang namun perlu memperhatikan bahwa tindakan medis tetap dilakukan untuk pengobatan lebih cepat.

Gejala dari kista baker seperti munculnya pembengkakan yang menyerupai balon, terasa kaku pada lutut dan membuatnya sulit digerakkan, benjolan terlihat ketika berdiri dan terasa lunak atau lembut ketika diraba, merasakannya nyeri lutut ketika posisi ekstensi dan pembengkakan dapat terjadi di kaki. Kista baker berbahaya biasanya memerlukan perawatan khusus dari dokter dan biasanya menimbulkan kemerahan hingga betis. Munculnya penyakit ini dapat terjadi karena banyaknya produksi cairan sinovial yang di akumulasi dengan bursa poplitea sehingga akan menyebabkan nyeri sendi hingga kista.

Berikut adalah beberapa nyeri sendi yang menjadi penyebab kista baker diantaranya:

  • Asam urat dimana kadar asam urat dalam darah berlebih sehingga membentuk kristal urat yang menumpuk sekitar sendi dan menyebabkan peradangan parah.
  • Hemofilia yang terjadi karena darah tidak membeku sehingga menyebabkan pendarahan internal maupun rusaknya sendi.
  • Lupus yang menjadi penyakit autoimun dimana kekebalan tubuh menyerang jaringan sehat dan normal.
  • Osteoartritis merupakan bentuk peradangan, hilangnya tulang rawan di persendian dan kerusakan membuat tulang rawan menjadi berkurang.
  • Psoriasis merupakan rasa sakit yang diakibatkan peradangan di persendian.
  • Artritis reaktif merupakan radang sendi, radang sistem genital dan radang mata.
  • Rheumatoid arthritis yang merupakan bentuk peradangan sendi dari arthritis.
  • Artitis septik merupakan peradangan karena adanya infeksi bakteri.
  • Cedera dimana terjadi robekan tulang rawan dan membuat truma pada lutut.

Kista baker di diagnosa melalui pemeriksaan fisik dengan melakukan pencitraan dengan USG, foto rontgen dan MRI lutut. Pencegahan kista baker dilakukan dengan menggunakan sepatu yang nyaman digunakan untuk olahraga maupun kerja, melakukan pemesanan sebelum melakukan aktifitas fisik yang berhubungan dengan persendian lutut dan menggunakan pelindung lutut sehingga akan menjaga lutut dari resiko terjadinya cedera. Pengobatan kista baker dengan steroid atau pemberian obat untuk mengurangi peradangan, drainase cairan sendi untuk mengeluarkan cairan pada lutut menggunakan jarum dan menggunakan USG, serta fisioterapi untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri untuk dapat melakukan aktifitas tanpa terganggu.

Berikut adalah pengobatan kista baker diantaranya:

  • Istirahatkan kaki dan mengurangi tekanan yang terjadi pada kaki sehingga akan mengurangi beban dan nyeri serta mengompresnya dengan bantalan es.
  • Menggunakan suntikan anti radang.
  • Melakukan pembedahan eksisi kista popliteal berukuran besar.
  • Pengambilan cairan dan tindakan ini dilakukan juga sudah mulai mengganggu.
  • Melakukan operasi pengangkatan kista dengan dokter ortopedi sehingga akan mencegah kista tumbuh kembali.

Obat herbal kista dapat dilakukan dengan icepack yang menggunakan es dibalut kain untuk mengurangi peradangan namun hindari kontak langsung ke kulit. Selain itu, gunakan kruk untuk menghilangkan berat pada sendi lutut maupun membantu berjalan tanpa adanya rasa sakit. Gunakan perban kompresi sehingga akan membuat penopang pada lutut. Dapat juga melakukan tai chi atau latihan untuk meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan sehingga akan meningkatkan gerak setelah melakukan pengobatan.

Related posts

Leave a Reply