Bagaimana menggunakan sticker label pada packaging produk dengan maksimal? packaging produk yang menarik, akan menaikkan pembelian produk itu. Mengapa demikian? Saat calon customer ingin membeli suatu produk, packaging produk lah yang akan di lihat pertama kalinya. Itulah salah satu fungsi dan manfaat Sticker Label untuk produk. Dengan adanya pabrik label tentunya juga sangat menguntungkan untuk pelaku bisnis.
Kreasi dan packaging produk yang memikat menjadi first impression, yang akan arahkan customer mendalami lebih lanjut terkait produk yang di lihatnya. Apabila produk itu sesuai dengan yang diperlukannya, maka customer tentu akan membeli produk itu.
Stiker label packaging sudah menjadi sebuah media promosi yang cukup efektif semenjak beberapa tahun mulai sejak setahun lebih ke belakang. Bukan hanya sebagai atribut seni, stiker label packaging juga mempunyai banyak manfaat lain terutama sebagai alat analisis produk, menyajikan informasi kandungan nilai gizi, informasi tanggal produksi dan tanggal expired, dan lain sebagainya.
Karena kegunaannya tersebutlah, penggunaan stiker label kian meningkat. Hal Ini dibuktikan dengan banyaknya pembisnis yang memanfaatkan stiker sebagai bagian penting dalam produk yang dibuat oleh mereka. Biarpun mempunyai fungsi yang cukup penting.
Kenyataaanya,masih terdapat banyak pembisnis yang tidak memanfaatkan stiker sebagai label packaging pada produknya. Padahal dalam stiker label ini biasanya untuk memuat beberapa informasi penting dimulai dengan: komposisi, kontak yang dapat dihubungi untuk pemesanan sampai akun media sosial bisnis Anda.
Tidak hanya mempermudah dalam branding, mencetak sticker label akan menjadikan produk yang Anda jual memiliki kemasan yang semakin menarik. Oleh karenanya, hal ini sebaiknya dirancang dengan baik dengan melakukan banyak pertimbangan terkait dengan desain, seperti penentuan warna,jenis huruf juga tagline yang digunakan.
Tips Memanfaatkan Manfaat Sticker Label dengan Optimal
Nah, berikut ini kami akan menyajikan pada Anda bagaimana memanfaatkan kegunaan sticker label kemasan secara optimal dalam penggunaannya. Berikut adalah penjelasannya:
Tonjolkan Desain yang Memikat
Pertama-tama yang harus Anda kerjakan dalam mengoptimalkan fungsi sticker label yakni dengan menonjolkan desain yang memikat. Tentu hal ini disamakan dengan target market usaha Anda. Apabila produk yang Anda jual mengarah pada target market anak-anak, maka buatlah desain sticker label yang lucu upayakan untuk membuat desain stiker label packaging yang lucu dan menggemaskan.
Anda dapat gunakan banyak objek yang memikat perhatian anak kecil. Seperti beragam binatang sampai beberapa tokoh kartun yang mereka sukai. Demikian juga bila produk yang Anda jual mengarah pada target market orang dewasa. Anda pun harus menyesuaikan desain stiker label yang akan digunakan dengan tampilan yang lebih simpel tapi elegan.
Tentukan Warna yang Sesuai dengan Brand
Sebab kegunaan dari stiker label salah satunya sebagai media promosi. Maka dari itu warna yang Anda pilih juga perlu disesuaikan dengan warna yang digunakan oleh brand Anda. Ini akan memudahkan customer untuk selalu mengingat brand Andalah yang ada di ingatan mereka ketika melihat warna tersebut.
Contoh paling gampang yaitu brand McDonald’s yang mempunyai identitas warna merah dan kuning. setiap kali orang melihat kombinasi warna tersebut, satu hal yang tebersit di ingatan mereka yaitu McDonald’s. Karena itu dapat di bilang strategi branding mereka cukup berhasil dalam mempengaruhi customernya.
Dengan membuat desain sticker label packaging menggunakan warna identitas perusahaan Anda Ini kurang lebih akan memberikan pengaruh pada customer seperti dalam yang dilaksanakan oleh McDonald’s. Oleh karenanya, penting untuk menjaga identitas sebuah brand. Tidak hanya dari warna saja, akan tetapi ikon,logo sampai tagline yang dipakai.
Berisi Pesan yang Ingin Disampaikan
Selanjutnya, Anda perlu untuk memperhatikan pesan apa yang ingin Anda sampaikan pada calon customer. Yakini Anda bikin pesan singkat yang memikat supaya bisa membekas serta lebih gampang untuk diingat. Dengan pesan yang sesuai pun belum cukup.
Anda juga perlu memperhatikan font yang digunakan dan ukurannya. Sebab, bagaimanapun juga desain yang bagus merupakan yang semuanya proporsional dan seirama saat dipadukan.
Buat Interaksi dengan Customer Melalui Manfaat Stiker Label
Anda dapat mengoptimalkan manfaat sticker label kemasan dengan sesuatu hal yang menarik yang dapat membuat calon customer berminat untuk membeli produk Anda.
Contohnya, dengan menambah kalimat “Buy 1 Get 1 Free” atau “Dengan Isi 25% Lebih Banyak” dengan stiker label yang ditempelkan pada kemasan akan membuat siapa saja yang membacanya akan terdorong untuk membeli produk itu. Ditambah lagi jika produk tersebut sedang diperlukan.
Buatlah Kemasan Sebaik dengan Isi Produknya
Kemasan yang memikat akan tetap menjadi perhatian utama buat calon customer yang sedang memilih produk. Apabila calon customer itu dihadapkan dengan dua opsi produk yang serupa akan tetapi salah satu diantaranya tidak menggunakan kemasan yang profesional.
Tentunya pilihan akan jatuh pada produk yang memiliki kemasan menarik. Meskipun isinya belum pasti lebih banyak atau bahkan lebih enak.
Buat Pengalaman yang Baik Bagi Customer
Dan yang terakhir, tidak hanya mencetak stiker label yang didesain dengan menarik untuk kemasan produk Anda. Akan tetapi sebagai pebisnis yang baik Anda pun perlu memastikan jika customer mendapatkan pengalaman yang baik ketika membeli produk tersebut.
Pengalaman customer ini tidak seterusnya terkait dengan layanan secara langsung. Akan tetapi juga dari sisi citra, cita-rasa produk yang dipasarkan jika itu bergerak di sektor kuliner dan kualitas produk yang ditawarkan. Karena itu, cetak stiker label untuk diaplikasikan sebagai label kemasan akan menjadi sebuah strategi marketing bagi usaha Anda. Tidak hanya efisien, biaya yang dikeluarkan juga tidak begitu besar. Maka dari itu, sangat direkomendasikan bagi pelaku usaha mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).