Kenali Gejala Jantung Koroner dari Sekarang

  • Whatsapp
Kenali Gejala Jantung Koroner

Serangan jantung koroner adalah jenis penyakit dengan nama medis kardiovaskular yang dapat disebabkan adanya gangguan pada jantung serta pembuluh darah. Penyakit jantung ini adalah pembunuh yang sangat mematikan dan nomor 1 di dunia. Hal ini juga telah di katakan WHO 2016 lalu, ada banyak jumlah orang yang meninggal dunia oleh serangan jantung koroner bisa mencapai 9,4 juta jiwa atau bahkan mencapai 126 orang/100.000 jiwa.

Data ini mengatakan bahwa jantung adalah masalah kesehatan paling penting saat ini yang perlu kamu diperhatikan dan oleh orang-orang di dunia, apalagi masalah jantung yang dialami serta tidak ditangani secepat mungkin sehingga dapat berisiko fatal bisa berujung kematian. Jika serangan jantung memang bukanlah jenis penyakit yang gampang untuk dideteksi sejak dini.

Mengapa Penyakit Jantung Koroner Begitu Mematikan?

Banyak dari serangan jantung koroner yang diakibatkan adanya penumpukan plak ataupun lemak tertimbun yang terdapat di arteri koroner. Pada saat penumpukan plak tersebut jika semakin banyak, maka hal ini akan mempersempit arteri koroner, sehingga akan membuat aliran darah ke jantung akan terganggu serta semakin berkurang. Dengan berkurangnya aliran darah yang terdapat kandungan oksigen menuju jantung yang disebabkan adanya lemak yang tertimbun dapat memicu gejala jantung koroner dan jika sudah kronis bisa dapat menimbulkan serangan jantung hingga berujung kematian.

Beragam Penyebab dari Jantung Koroner

1.  Merokok

Untuk kamu yang memiliki kebiasaan merokok setiap harinya ini jadi salah satu faktor penyebab yang bisa meningkatkan risiko jantung koroner. Hal ini disebabkan ada banyak sekali zat-zat tidak baik yang terkandung di rokok yang dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah. Zat yang ada di rokok adalah nikotin dan juga tar yaitu sebagian kecil zat rokok yang dapat memicu serangan jantung sehingga pembuluh darah akan mengalami peradangan.

2.  Kolesterol

Apakah kamu penderita kolesterol sehingga tingginya Low-Density Lipoprotein atau LDL ataupun kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini juga dapat menjadi penyebab jantung koroner sehingga dapat tingginya LDL yang cenderung menempel dan menimbun di arteri koroner, dan risiko serangan jantung juga tinggi.

3.  Diabetes

Jika kamu memiliki riwayat penyakit diabetes yang mampu meningkatkan risiko seseorang akan terkena jantung koroner hingga 2xl kali lipat. Hal ini juga bisa terjadi dikarenakan penderita diabetes mempunyai dinding pembuluh darah yang lebih tebal. Sehingga tebalnya dinding pembuluh darah pada arteri ini dapat mengganggu aliran darah ke jantung.

4.  Adanya Penggumpalan Darah

Adanya penggumpalan darah ini juga bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok dan membuat adanya peradangan di dinding pembuluh darah kemudian dapat pecah hingga membentuk gumpalan darah yang akan menghambat aliran darah ke jantung. Bukan hanya itu, gumpalan darah yang ada di pembuluh darah bisa disebabkan oleh banyak hal contohnya kadar gula darah yang tidak terkontrol, kolesterol tinggi, dan stres yang berlebihan.

5.  Memiliki Tekanan Darah Tinggi

Penyebab sakit jantung koroner yang terakhir untuk kamu yang memiliki tekanan darah tinggi ini bisa menjadi penyebab jantung koroner. Karena hal dapat dipastikan dengan cara rutin untuk mengecek tekanan darah baik di klinik ataupun rumah sakit terdekat. Karena tekanan darah yang tinggi berisiko terkena serangan jantung koroner.

Nah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan tentang apa saja gejala jantung koroner yang dapat kita cegah sedini mungkin agar kita dapat menurunkan risiko terkena penyakit mematikan tersebut.

Related posts