Ciri-ciri WhatsApp Kalian Sedang Diretas

  • Whatsapp
WhatsApp Diretas

Peretasan dan pembajakan WhatsApp akhir-akhir ini marak terjad lagi. Kejadian ini banyak menimpa beberapa kalangan, mulai dari tokoh publik sampai masyarakat biasa. Modus yang digunakan peretas ini adalah untuk melakukan penipuan terhadap teman korban. Penipuan ini kebanyakan berupa pesan untuk memimta bantuan tertentu. Contohnya semisal: meminta bantuan transfer uang di bank dengan alasan keluarga sedang sakit atau alasan lainya, transfer pulsa, atau transfer uang melalui OVO, GO PAY dan lain sebagainya. Untuk menghindari terjadinya peretasan WhatsApp apk, pemilik akun harus berhati dalam memberikan informasi keamanan yang dimilikinya.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti diatas, pengguna jasa layanan aplikasi WhatsApp bisa mengamankan akunya dengan menjaga privasinya. Peretasan WhatsApp terjadi kebanyakan akibat dari penggunanya yang teledor dan gampang memberikan informasi pribadi kepada orang lain yang tidak di kenal. Informasi pribadi ini berupa kode keamanan yang merupakan hal terpenting yang dapat  digunakan seseorang untuk log in ke akun WhatsApp. Ada beberapa ciri khusus yang kalian bisa ketahui jika WhatsApp kalian sedang diretas. Berikut adalah beberapa kejanggalan yang terjadi ketika WhatsApp kalian terkena retas:

  • Akun WhatsApp keluar dengan sendirinya

Akun WhatsApp tidak dapat digunakan secara bersamaan melalui dua ponsel. Oleh karena itu jika nomor WhatsApp kalian digunakan oleh perangkat lain, maka secara otomatis kalian akan medapatkan kiriman kode OTP. Kode OTP sendiri merupakan 6 digit angka yang dikirimkan oleh WhatsApp ketika kalian mencoba untuk log in atau mendaftarkan diri ke aplikasi WhatsApp. Jika secara tiba-tiba kalian mendapatkan SMS kode OTP dari pihak WhatsApp, padahal kalian tidak sedang log in atau mendaftarkan diri ke akun WhatApp maka kalian harus waspada. Jangan sampai kalian memberikan kode tersebut ke orang lain karena kemungkinan besar ada oknum jahat yang mencoba meretas akun WhatsApp kalian.

Jika beberapa saat setelah kalian mendapatkan SMS kode TOP dari pihak WhatsApp akun kalian tiba-tiba log out, maka kemungkinan besar nomor WhatsApp kalian dikloning oleh orang lain. Pastikan kartu SIM kalian benar-benar dijaga privasinya karena Kloning ini tidak akan bisa terjadi kecuali pelaku mendapatkan akses kartu SIM dari pihak yang ingin diretasnya.

  • Mengirim pesan dengan sendirinya

Ketika kalian menjumpai pesan ke kontak orang lain yang tidak pernah kalian kirimkan, maka berhati-hatilah. Karena bisa jadi ada pihak lain yang diluar sepengetahuan kalian sedang mengendalikan akun WhatsApp kalian.

  • Status WhatsApp online padahal tidak digunakan

Jika informasi terlihat WhatsApp kalian terlihat online di WA orang lain padahal tidak sedang digunakan  maka perlu dicurigai WhatsApp kalian sedang diretas oleh pihak lain. Normalnya jika kalian tidak sedang menggunakan WhatsApp maka informasi terlihat akan menunjukkan waktu terakhir whatsapp kalian digunakan. Maka dari itu kalian harus waspada jika terjadi kejadian ini pada akun whatsapp kalian.

  • Pesan telah terbaca

Jika kalian merasa belum pernah membaca pesan masuk tapi tanda baca pesan  sudah terbaca, maka hal janggal ini perlu diwaspadai. Bisa saja ada oknum yang melakukan pembajakan terhadap whatsapp kalian dan membaca pesan masuk tersebut.

            Jika whatsapp kalian mengalami hal tersebut maka kalian bisa mencoba mengecek whatsapp kalian diperangkat lain. Mungkin ketika kalian membuka PC atau laptop biasa mengakses WhatsApp Web. Maka ketika selesai menggunakan PC atau laptop tadi pastikan whtasapp web diperangkat sudah log out. Hal ini sangat penting untuk menghindar dari hal-hal yang tidak diinginkan pada whtasapp kalian.

Related posts

Leave a Reply