Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

  • Whatsapp
Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Bluetooh merupakan salah satu fitur yang banyak dimiliki oleh perangkat elektronik sebagai media untuk membantu transfer data seperti smartphone dan juga laptop. Bluetooth saat ini telah memasuki generasi ke-5.Walaupun demikian, jenis Bluetooth yang masih banyak digunakan adalah generasi keempat atau Bluetooth 4.0. Dengan fungsi utama Bluetooth yang memberikan kemudahan untuk terhubung dengan suatu perangkat dan kemudahan proses pemindahan data, kebanyakan orang-orang saat ini lebih memilih menggunakan Bluetooth daripada menggunakan kabel.

Salah satu contoh pemindahan data yang dilakukan biasanya dari komputer atau laptop ke perangkat smartphone, laptop ke earphone, laptop ke keyboard, dan masih banyak lagi. Sayangnya, masih banyak pengguna laptop yang belum tahu bagaimana cara mengaktifkan Bluetooth di perangkat laptop mereka. Untuk itu, kali ini kita akan mengulas bagaimana cara mengaktifkan Bluetooth di laptop.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop dan Komputer

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengaktifkan Bluetooth dari laptop. Anda dapat memilih salah satu cara yang dijelaskan di bawah ini untuk mengaktifkan Bluetooth di laptop Anda. Penasaran apa saja caranya? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya dan dapat langsung Anda coba untuk mengaktifkan fitur Bluetooth.

  1. Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Menggunakan Tombol Fn

Sebuah laptop pada umumnya sudah dilengkapi dengan built in Bluetooth yaitu fitur ini menjadi fitur bawaan laptop. Untuk laptop dengan tipe seperti ini, cara mengaktifkan Bluetooth dari perangkat tersebut cukup dengan menekan tombol Fn dan salah satu tombol antara F1 hingga F12 dari keyboard.

Untuk mengetahuinya, Anda dapat melihat ikon Bluetooth yang biasanya terlihat di salah satu tombol tersebut karena setiap merek laptop berbeda – beda. Untuk itu pastikan salah satu tombol tersebut memiliki ikon Bluetooth.

Ketika Anda sudah berhasil menemukannya, contohnya laptop Anda memiliki ikon Bluetooth di tombol F2, maka cara mengaktifkannya adalah menekan tombol Fn + F2 secara bersamaan. Jika sudah benar, nanti ikon Bluetooth di system tray akan muncul yaitu bagian task bar yang paling kanan. Adanya ikon Bluetooth ini menunjukkan bahwa Bluetooth sudah dapat digunakan.

  1. Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Dengan Device Manager

Cara selanjutnya untuk mengaktifkan Bluetooth adalah mengaktifkan fitur tersebut melalui Device Manager. Untuk caranya, cukup buka Device Manager. Setelah itu, lihat di bagian Device Manager tadi. Jika ada Bluetooth tetapi ternyata statusnya masih off, Anda dapat mengaktifkannya dengan klik kanan setelah itu pilih enable. Sebaliknya jika ingin menonaktifkan, pilih disable.

  1. Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Dengan Instal Driver Bluetooth

Jika Anda sudah mencoba cara menyalakan Bluetooth dengan tombol Fn dan Device Manager tetapi masih belum berhasil, kemungkinan sistem operasi laptop Anda masih belum dilengkapi driver Bluetooth. Untuk itu, Anda dapat memasang lebih dulu driver Bluetooth. Cara pemasangannya dapat menggunakan CD driver bawaan atau download driver Bluetooth yang banyak tersedia di internet. Pilih driver sesuai dengan tipe Bluetooth Anda.

  1. Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Dengan Donge USB Bluetooth

Jika laptop belum dilengkapi Bluetooth, cara yang dapat dilakukan adalah memasang Bluetooth dengan donge USB Bluetooth. Bluetooth tersebut disambungkan ke laptop melalui port USB. Cukup pasang ke port USB laptop untuk mengaktifkan Bluetooth tersebut dan Anda pun sekarang sudah siap untuk mentransfer data via Bluetooh.

Demikian uraian cara mengaktifkan Bluetooth di laptop. Dengan mengetahui caranya, kini Anda tentu dapat menggunakan Bluetooth tersebut sesuai dengan kebutuhan. Apalagi Bluetooth juga menawarkan banyak sekali manfaat yang selama ini masih belum banyak digunakan selain untuk memindahkan data di antaranya adalah untuk tersambung dengan perangkat printer, keyboard dan mouse wireless, earphone Bluetooth, tersambung dengan proyektor, sebagai hotspot, dan masih banyak lagi.

Semoga cara di atas dapat membantu Anda dalam melakukan pengaktifan bluetooth di perangkat pc atau laptop dengan mudah dan simple. Sampai jumpa dan jangan lupa untuk kunjungi web https://joshswiller.com/

Related posts

Leave a Reply