Cara Membuat Cumi Crispy Dengan Tepung Kobe

Resep cumi crispy bisa dicoba untuk memeriahkan acara kumpul keluarga di rumah. Teksturnya yang crunchy di luar dan kenyal di dalam, bikin susah berhenti disantap. Sajikan sebagai lauk ataupun camilan juga tentunya cocok.

Resep masakan cumi crispy juga bisa dipadukan dengan berbagai saus. Salah satu saus favorit adalah saus madu. Rasa manisnya menjadi penyeimbang rasa gurih dan asin dari cumi crispy. Tak butuh banyak waktu, hidangan cumi ini bisa habis dalam beberapa menit saja!

Selain lezat, membuat cumi crispy juga cukup praktis. Bahan-bahan yang diperlukan tak banyak, beberapa di antaranya adalah bawang putih, telur ayam, dan cabai bubuk. Mengolah menu ini hanya butuh waktu sekitar 30 menit.

Namun, tantangan membuat hidangan ini adalah bagaimana menghasilkan tekstur cumi yang crispy dan tidak alot. Goreng cumi dalam api yang panas dengan api besar, tapi sebentar saja. Menggoreng terlalu lama akan membuat tekstur cumi jadi keras. Gunakan tepung protein tinggi agar bisa tetap renyah dalam waktu lama. Buat dua adonan yaitu tepung basah dan tepung kering.

Bahan-bahan yang Harus Dipersiapkan

Bahan:
– 250 gr cumi basah, cuci bersih lalu potong cincin
– Minyak untuk goreng cumi

Bahan marinasi:
– 1/2 sdm saus tiram
– 1 butir telur ayam
– 1 sdm tepung maizena
– 1/4 sdt garam
– 1/4 sdt lada

Tepung kering:
– 4 sdm tepung terigu
– 2 sdm tepung maizena
– 1/2 sdt baking powder
– 1/2 sdt garam
– 1/4 sdt lada

Bumbu cabai bawang:
– 10 siung bawang putih
– 4 buah cabai keriting merah
– 3 buah cabai rawit merah (sesuai selera)
– 3 batang bawang daun
– Garam
– 1/2 sdt kaldu bubuk ayam atau jamur
– 1/4 sdt lada
– Minyak untuk tumis

Cara Membuat Cumi-Cumi Crispy

  1. Cuci cumi-cumi hingga bersih, lumuri dengan perasan jeruk nipis, lalu potong bentuk cincin. Diamkan
  2. Siapkan mangkuk, tuang 1 bungkus Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy dan 150 ml air lalu aduk hingga rata jangan sampai ada yang menggumpal
  3. Masukkan cumi-cumi kedalam adonan basah lalu diamkan sekitar 30 menit
  4. Siapkan piring, tuang 2 bungkus Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy lalu gulirkan cumi yang sudah dimarinasi tadi hingga seluruh permukaan tertutup rata oleh tepung
  5. Panaskan minyak goreng lalu goreng cumi-cumi dengan api sedang hingga berwarna kecoklatan
  6. Angkat bila sudah matang lalu tiriskan
  7. Sajikan selagi hangat dengan BonCabe Level 15

Penutup

Cumi-cumi crispy selalu menjadi menu favorit keluarga di rumah. Teksturnya yang crunchy di luar dan kenyal di dalam, membuat susah berhenti untuk disantap. Selain disajikan sebagai lauk, tentunya cumi-cumi crispy juga cocok sebagai menu cemilan.

Selain rasanya yang gurih, cara membuatnya juga sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak waktu. Cumi crispy juga bisa dipadukan dengan cocolan saus atau bubuk cabai.

Dibalik rasanya yang gurih dan nikmat, ada tantangan tersendiri dalam membuat hidangan ini, yaitu bagaimana menghasilkan tekstur cumi yang crispy dan tidak alot.

Related posts