Atasi Masalah Pencernaan dan Imunitas dengan Makanan Kaya Serat Berikut!

  • Whatsapp
Makanan Kaya Serat

Makanan kaya serat sangat penting bagi tubuh. Utamanya untuk mengatasi segala masalah yang berhubungan dengan metabolisme di dalam tubuh manusia. Berbeda dengan karbohidrat pada umumnya, serat merupakan karbohidrat yang cukup kompleks dengan kandungan nutrisi lebih baik namun tidak menyebabkan peningkatan pada kadar gula darah.

Manfaat Serat

Kandungan serat yang terdapat di makanan tertentu bisa memberikan dampak dan manfaat yang baik bagi tubuh. Terlebih bagi sistem pencernaan dan imunitas atau daya tahan tubuh. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan dengan konsumsi makanan yang kaya akan serat, beberapanya seperti berikut ini:

  1. Memperlancar sistem pencernaan sehingga tubuh akan terbebas dari konstipasi
  2. Sistem pencernaan jadi lebih sehat
  3. Mampu meningkatkan jumlah atau membantu proses pertumbuhan bakteri baik di dalam usus
  4. Bakteri baik yang ada di usus berkembang biak dengan sehat karena asupan nutrisinya terpenuhi langsung dengan makanan kaya serat
  5. Membantu usus dalam mencegah patogen jahat yang bisa menimbulkan infeksi
  6. Bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit

Makanan yang Kaya Serat

Dengan melihat banyaknya manfaat yang dihadirkan oleh serat ini, tentu sangat dianjurkan sekali untuk mengonsumsi rutin segala makanan yang mengandung serat ini. Bahkan, ada anjuran tertentu yang diberikan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia untuk konsumsi makanan berserat ini. Misalnya saja untuk anak-anak, per harinya mereka membutuhkan sekitar 11-23 gram serat. Atau dewasa yakni sekitar 27-32 gram untuk wanita dan 27-37 gram untuk pria.

Kebutuhan serat ini bisa Anda dapatkan dari beberapa macam makanan seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan atau biji-bijian, dan beragam jenis umbi-umbian. Sebagai pilihan, Anda bisa mengonsumsi beberapa pilihan makanan kaya serat berikut:

  1. Kembang Kol

Memiliki kandungan karbohidrat rendah namun kandungan seratnya sangat tinggi. Tak hanya serat, kembang kol pun punya banyak kandungan vitamin dan mineral. Tak heran, sayuran ini seringkali jadi sumber kolin yang baik bagi tubuh khususnya untuk sintesis DNA, kesehatan hati dan otak, serta metabolisme tubuh. Bahkan, kandungan antioksidan pun sangat tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas dan jahat masuk ke dalam tubuh.

  1. Jagung

Untuk 100 gram biji jagung, rupanya mempunya kandungan serat sebesar 14,5 gram. Tak heran, jagung menjadi makanan kaya serat yang bisa Anda pilih untuk kebutuhan harian. Selain kaya serat, jagung pun sangat kaya akan protein dibandingkan dengan sayuran lainnya. Kandngan seng, folat, antioksidan, vitamin A hingga karotenoid pun mampu meningkatkan kesehatan khususnya mata.

  1. Alpukat

Buah dengan rasanya yang khas, lembut serta gurih ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat karena kandungan seratnya yang tinggi. Hal tersebut sangatlah benar, setidaknya terdapat sektar 7 gram serat untuk 100 gram alpukat yang Anda konsumsi. Nutrisi lainnya pun hadir sebagai pelengkap dari kebaikan buah yang satu ini. Bahkan, alpukat pun mengandung lemak tak jenuh sehingga baik sekali untuk kesehatan jantung.

  1. Oat

Seringkali dijadikan sebagai pengganti makanan karbohidrat bagi orang-orang yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan. Bagaimana tidak, oat memiliki kandungan serat larut yang cukup kuat yang dikenal dengan sebutan oat beta-glukan. Sangat baik sekali untuk mengontrol kesehatan gula darah di dalam tubuh. Ditambah kandungan avenanthramides yang ada di dalamnya pun  mampu mengurangi tekanan darah yang tinggi.

Makanan kaya serat memang memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Seperti beberapa pilihan jenis makanan tersebut yang bisa membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan akan serat harian. Ditambah dengan kandungan lain dalam makanan tersebut, tentunya akan sangat membantu menjaga kesehatan tubuh Anda, bukan?

Related posts

Leave a Reply